Sukses

Gelis, Motor Roda Tiga Bertenaga Listrik Pertama di Indonesia

Kebanyakan kendaraan roda tiga masih menggunakan bensin sebagai sumber tenaga, tapi tidak dengan Gelis yang mengandalkan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan kendaraan roda tiga yang saat ini beredar di pasaran dan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menunjang usaha mikro kecil menengah (UMKM) masih mengandalkan bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber tenaganya. Tapi tidak dengan Gelis, kendaraan roda tiga yang ditawarkan PT Solar Panel Indonesia (SPI).

Gelis yang merupakan kependekan dari 'Gerobak Listrik' adalah kendaraan roda tiga bertenaga listrik pertama di Indonesia. Kendaraan hemat energi, ramah lingkungan, serta memiliki nilai ekonomis tinggi ini diklaim mampu memberikan keuntungan tambahan bagi penggunanya.

"Kami ingin membuat pedagang UMKM lebih maju dalam berusaha. Dengan Gelis mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri. Dengan begitu, pekerjaan jadi lebih efisien, dan para pekerja UMKM mampu meningkatkan taraf ekonominya," terang Pimpinan PT SPI Budi Prasetyo dalam keterangan resminya, Senin (18/5/2020).

Sekadar informasi, Gelis diproduksi di pabrik SPI yang berada di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Sebagai tahap awal, kendaraan roda tiga listrik ini diproduksi sebanyak 10 unit per hari. Kapasitas produksinya akan terus dikembangkan seiring bertumbuhnya jumlah permintaan pasar.

Sejumlah komponen Gelis telah diproduksi di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali. Sedangkan beberapa komponen lain, seperti motor listrik, kontroler, gandar, sistem kemudi, dan roda, masih impor.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan mereka akan terus menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) seiring perkembangan.

"Kami berharap nantinya semua komponen akan diproduksi di Indonesia. Ini sudah menjadi komitmen kami," jelas Head of Engineering PT SPI Hadian Permana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa dan Harga

Gelis 300 menjadi model perdana yang diluncurkan. Sementara dua model lain, yaitu Gelis 200 dan Gelis 150 masih dalam tahap persiapan.

Bicara soal kemampuan, Gelis 300 dibekali motor elektrik berdaya 800 Watt dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48v-26AH. Mampu dipacu hingga kecepatan maksimal 30 km per jam, daya jelajah Gelis 300 mencapai 30 Km.

Didukung rangka ringan, Gelis 300 memiliki berat kotor mencapai 600 Kg dengan daya angkut beban hingga 300 Kg. Hal ini dapat dilakukan berkat penggunaan per belakang model daun (per pikul) dan suspensi depan telescopic.

Kendaraan tiga roda berpenggerak roda belakang ini juga mampu menanjak hingga sudut kemiringan 15 derajat.

Gelis 300 tersedia dalam empat varian, yaitu Light Metal, Retro, dan Cargo dengan kisaran harga mulai dari Rp 20 juta, serta Gelis Garb dibanderol Rp 21 jutaan.

3 dari 3 halaman

Garansi

Untuk diketahui, pembeli Gelis 300 akan mendapat banyak garansi, di antaranya 5 tahun garansi rangka, 1 tahun garansi motor, 6 bulan garansi baterai, 6 bulan garansi pengontrol, dan 6 bulan garansi perangkat pengisian ulang baterai.

Saat ini SPI memiliki tujuh jaringan pemasaran dan purnajual yang tersebar diberbagai Kota, seperti di Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang, dan Denpasar.

Chief Marketing Officer PT SPI Ary Tjahyono menyampaikan, dua model lain dari Gelis yang masih dipersiapkan memiliki karakteristik yang berbeda.

Disebutkan, Gelis 200 difungsikan sebagai kendaraan khusus pengiriman barang cepat di dalam kota. "Gelis 200 sangat cocok untuk mereka yang menjalani bisnis jasa kargo dalam kota dan ecommerce," kata Ary.

Sementara GELIS 150 yang berpenggerak roda depan dengan sasis rendah berfungsi sebagai kendaraan angkut sampah dan angkut barang di ruang tertutup (indoor). "Gelis 150 cocok untuk mendukung perpindahan barang di dalam mall, rumah sakit, atau pabrik," tutup Ary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.