Sukses

Lawan Corona Covid-19, Daihatsu Xenia Dijadikan Kendaraan Swab Test

Daihatsu merespon positif dengan mendonasikan mobil Xenia yang akan dimodifikasi oleh UGM menjadi mobil Siaga Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Melawan penyebaran Corona Covid-19 terus dilakukan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, tenaga medis, perusahaan swasta, maupun lembaga pendidikan. Kesadaran tersebut, didukung salah satunya oleh inisiatif yang dilakukan Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas GadjahMada (UGM), Yogyakarta.

UGM berinisiatif dan mengajak Daihatsu dalam pengadaan sebuah kendaraan keliling untuk membantu tenaga medis memeriksa kesehatan masyarakat yang membutuhkan, lewat RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction), atau lebih dikenal dengan istilah swab test.

Melihat inisiatif tersebut, Daihatsu merespon positif dengan mendonasikan mobil Xenia yang akan dimodifikasi oleh UGM menjadi mobil Siaga Covid-19.

Donasi ini merupakan komitmen Daihatsu dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Covid-19, sejalan dengan salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yaitu Sehat Bersama Daihatsu.

Sesuai namanya, mobil Siaga Covid-19 berfungsi sebagai kendaraan swab test keliling, yang akan membantu masyarakat yang membutuhkan pengecekan swab test, dengan tetap menjaga keamanan dan keselamatan tenaga medis sebagai garda terdepan.

Saat pengambilan sampel, tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar mobil. Sehingga, selain tenaga medis lebih aman dan terlindungi, juga dapat menghemat penggunaan APD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilengkapi alat swab test

Mobil ini juga dilengkapi dengan storage logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien, serta perangkat komputer untuk melaporkan hasil swab test secara real time.

"Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi Covid-19. Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di area Yogyakarta," ujar Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affairs Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (11/5/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini