Sukses

Mumpung di Rumah, Ini Panduan Membersihkan Jok Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi bagian penting di dalam kabin, jok mobil harus dibersihkan secara teratur agar kenyamanan dan kebersihan penumpang selalu terjaga. Terlebih kotoran pada jok apabila dibiarkan akan semakin banyak dan sukar dibersihkan.

Karena itu, saat mobil tak digunakan, pemilik harus segera membersihkannya. Kotoran yang menumpuk pada jok bisa menjadi sarang penyakit serta hewan kecil.

Sebelum mulai membersihkan, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui dahulu apa bahan yang disematkan pada jok mobil. Hal ini dapat mempermudah pemilik kendaraan saat hendak lakukan perawatan.

Berikut ulasannya seperti dilansir Garda Oto:

Jok Berbahan Tenun

Bila jok mobil menggunakan bahan tenun, pemilik kendaraan bisa melakukan pembersihan air dan cairan pencuci piring.

Campurkan air dan cairan di dalam botol dan semprotkan langsung ke jok mobil. Pastikan Anda menyemprotkan secara merata dengan jarak 15 hingga 20 cm.

Gosok lembut menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran yang sedikit keras, kemudian gunakan kain lap bersih yang dibasahi dengan air hangat untuk mengelap hasil sikatan pada jok.

Lakukan proses ini sampai jok benar-benar bersih dan langkah selanjutnya ialah mengeringkan dengan kain berserat mikro.

Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa menggunakan alat lain untuk membersihkan jok berbahan tenun, yaitu dengan alat bernama lint roller. Cara ini menggunakan kertas lengket untuk menangkap kotoran-kotoran halus di atas jok.

2 dari 2 halaman

Jok Berbahan Vinyl

Bahan vinyl merupakan bahan jok yang mudah untuk dibersihkan. Hanya dengan menggunakan pembersih kaca, maka pemilik kendaraan bisa membersihkan jok secara maksimal.

Sama seperti jok tenun, pemilik hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih kaca dan mengelapnya. Anda juga bisa menggunakan baking soda dengan air sebagai cairan pembersih.

Namun, untuk bahan ini perlu menyikatkan pada noda yang terdapat di jok, karena campuran ini bisa berubah seperti pasta gigi.

Jok Berbahan Kulit

Untuk merawat jok mobil berbahan kulit, Anda bisa menggunakan alat khusus yakni pembersih dan kondisioner.

Namun, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih tempat saat membersihkan, karena jok kulit akan lebih mudah bereaksi bila terpapar panas.

Maka dari itu, bersihkanlah jok mobil di tempat yang teduh atau hangat.