Sukses

Sering Dianggap Remeh, Ini Fungsi Penting Pentil Ban Motor

Banyak sekali fungsi dari komponen kecil ini, yaitu yang pertama pentil motor digunakan untuk mencegah udara di dalam ban keluar

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik motor, komponen yang wajib diperhatikan adalah mesin. Pasalnya, jika dilakukan perawatan yang benar, performa kuda besi kesayangan pastinya akan menurun, dan bakal sering bermasalah saat kendaraan roda dua digunakan untuk sehari-hari atau melakukan perjalanan jauh.

Namun, ada satu komponen yang selama ini dianggap remeh oleh empunya motor, yaitu pentil. Padahal, meskipun kecil dan tidak terlihat penting, komponen ini memiliki fungsi yang vital bagi kendaraan.

Melansir laman resmi Wahana Honda, banyak sekali fungsi dari komponen kecil ini, yaitu yang pertama pentil motor digunakan untuk mencegah udara di dalam ban keluar. Jika motor tidak menggunakan pentil, maka udara lambat laun akan keluar dengan sendirinya saat motor digunakan, dan hal tersebut lah yang menyebabkan si karet bundar sering kempes.

Fungsi selanjutnya, pentil motor juga berfungsi untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke lubang pengisian angin. Jika lubang terisi kotoran, maka proses pengisian angin pun akan sulit dilakukan. Di musim hujan, pentil yang terbuka juga bisa menyebabkan air masuk dan menciptakan karat.

Nah, untuk menjaga kondisi pentil motor, pastikan selalu mengecek keberadaan komponen tersebut saat mengisi angin. Jangan sampai pentil motor diletakkan sembarangan dan akhirnya hilang. Banyak orang yang kehilangan pentil motor dan membiarkannya begitu saja, sampai bagian ban mengalami masalah.

Selain itu, pentil motor juga harus dijauhkan dari api karena bisa meleleh dan terbakar. Berhati-hatilah juga saat melepas dan memasang pentil karena teksturnya yang ringkih membuat pentil motor rawan bengkok. Saat pentil motor sudah bengkok, jangan memasangnya dengan paksa karena justru bisa merusak ban.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hilang segera ganti

Ketika pentil motor hilang atau kondisinya sudah tidak layak lagi, sebaiknya Anda segera mengganti dengan yang baru. Jangan biarkan motor kesayangan berjalan tanpa pentil karena bisa mempengaruhi performanya meski tidak langsung terlihat dan terasa.

Terakhir, karena pentil ini berhubungan juga dengan ban, dan ban juga menjadi komponen yang penting karena satu-satunya yang bersentuhan dengan aspal atau jalanan, maka wajib bagi pemilik motor memperjatikan pentil motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.