Sukses

Susul GIIAS Surabaya, IIMS 2020 Ditunda karena Penyebaran Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Gaikindo mengumumkan penundaan gelaran GIIAS Surabaya, kini giliran PT Dyandra Promosindo yang menunda penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 karena penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Sejatinya, salah satu pameran otomotif bergengsi di Tanah Air ini, bakal berlangsung mulai 9 sampai 19 April, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Keputusan tersebut, sebagai tindak lanjut atas perkembangan terbaru, dan Dyandra Promosindo telah dan terus berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) dan pemegang otoritas dalam penyelenggaraan kegiatan pameran di tengah ancaman pandemik Covid-19 yang semakin memburuk di Indonesia dan global saat ini. Dyandra Promosindo juga menerima saran dari partner, sponsor dan calon peserta IIMS 2020.

Semua pihak memiliki kepedulian yang sama, yaitu faktor kesehatan dan keselamatan peserta pameran, pengunjung, teman-teman media, stakeholders lain dan masyarakat luas yang akan berkegiatan selama pameran IIMS yang jumlahnya ratusan ribu orang adalah faktor yang tidak bisa ditawar-tawar.

"Pasien terjangkit pandemik Covid-19 semakin bertambah, sekolah kini diliburkan, sejumlah tempat umum dan hiburan ditutup sementara, karyawan juga sudah banyak yang bekerja secara remote. Sehingga, bersama dengan pemerintah dan stakeholders lainnya, kami yakin penundaan adalah langkah terbaik dan bijak di saat sulit ini," ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo. dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (16/3/2020).

Bersamaan dengan itu, rangkaian IIMS regional di kota Makassar yang dijadwalkan pada 15 – 19 April 2020 di Celebes Convention Center (CCC) juga ditunda penyelenggaraannya dengan pertimbangan serupa.

"Mari kita terus berusaha, menyebarkan optimisme dan terus berdoa agar dampak pandemik Covid-19 kepada industri otomotif tidak semakin buruk. Jutaan orang bergantung nasibnya dari industri otomotif, dan segala industri dan bisnis turunannya. Kita harus bangkit," tambah pria yang akrab disapa Kohen ini.

"Penundaan ini menjadi langkah terbaik sekaligus terberat yang harus kami lakukan untuk IIMS di Jakarta maupun Makasar. Atas nama PT Dyandra Promosindo, saya menyampaikan permohonan maaf dan apresiasi tinggi kepada Agen Pemegang Merek (APM) roda dua dan roda empat, exhibitors, pihak sponsor, partner, teman-teman media dan stakeholders lainnya yang selalu mendukung penyelenggaraan IIMS," tutup Hendra.

2 dari 2 halaman

Peserta IIMS 2020

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2020 mengklaim bakal menghadirkan kejutan tahun ini. Bahkan, sudah ada lebih dari 20 agen pemegang merek (APM) yang berkomitmen akan memeriahkan IIMS 2020.

Sementara itu, IIMS 2020 juga akan meningkatkan program infinite, menjadi infinite live yang menghadirkan artis internasional pada pekan pertama, lalu ada juga automotive garage live yang terdiri dari mobil audio dengan para musisi beraksi di mobil tersebut sehingga lebih dekat dengan pengunjung.

Kemudian, program baru juga ada IIMS trade in festival, karena acara ini berlangsung menjelang lebaran 2020 sehingga memberikan fasilitas kepada pengunjung atau konsumen untuk tukar tambah kendaraannya. Selain itu, ada juga lelang kendaraan.

Terakhir, nuansa motor kustom listrik juga pertama kali meramaikan gelaran IIMS 2020 dengan acara yang disebut Custom E-Moto Expo & Championship (ICEC). Nantinya, berbagai builder akan berkompetisi untuk mengkustom motor listrik.