Sukses

Kendaraan Nirsopir Jadi Penyelamat di Tengah Wabah Covid-19

Covid-19 yang kini sedang marak di berbagai negara bisa dikatakan menghambat aktivitas. Misalkan saja seorang perempuan di Cina memanfaatkan RC untuk membeli keperluan sehari-hari. Bahkan, di Cina sudah ada kendaraan nirsopir untuk mengantar barang.

Liputan6.com, Beijing - Covid-19 yang kini sedang marak di berbagai negara bisa dikatakan menghambat aktivitas. Misalkan saja seorang perempuan di Cina memanfaatkan RC untuk membeli keperluan sehari-hari. Bahkan, di Cina sudah ada kendaraan nirsopir untuk mengantar barang.

Kendaraan yang biasa mengantar obat, makanan, hingga berbagai barang ke seluruh penjuru kota itu kini tengah ramai pesanan. Melansir The Sun, pabrikan berbasis di Bejing, Neolix, merupakan produsen kendaraan kecil tanpa sopir itu.

Pendiri perusahaan, Yu Enyuan mengatakan bahwa layanan kendaraan nirsopir itu dipesan lebih dari 200 kendaraan selama 2 bulan terakhir. Padahal, pabrikannya hanya memproduksi 125 unit sejak Mei 2019 lalu.

"Orang-orang menyadari bahwa kendaraan seperti itu bisa menyelesaikan sesuatu yang berisiko tinggi untuk dilakukan oleh manusia secaara langsung," kata Yu Enyuan kepada Bloomberg.

Selain itu, kendaraan itu juga dipakai untuk mensterilkan jalanan yang seolah diabaikan. Sebelumnya, penggunaan kendaraan tanpa sopir dibatasi di Cina. Tapi aturan tersebut dilonggarkan sejak wabah Covid-19 merebak. "Industri telah memasuki fase ekspansi yang sangat cepat karena virus," tambahnya. Dia berharap produksinya bisa meningkat menjadi 1.000 unit.

Sumber: Otosia.com

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasokan Mercedes-Benz Indonesia Aman dari Covid-19

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menyatakan proses produksi kendaraan Mercedes-Benz di pabriknya yang berada di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, belum terganggu oleh penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

Deputy Director Sales Operation and Product Management MDBI Kariyanto Hardjosoemarto menyebutkan, suplai komponen untuk proses produksi di dalam negeri tidak ada kendala. Terlebih lagi komponen yang didatangkan tidak ada yang dari Cina melainkan langsung dari Jerman.

 

"Sejauh ini pasokan kami langsung dari Jerman," terangnya di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Seperti diketahui, dampak virus Corona di berbagai belahan dunia terus meluas. Di Indonesia sendiri, jumlah orang yang positif terinfeksi terus bertambah.

Tak bisa dipungkiri, MBDI turut waspada terhadap penyebaran Covid-19 saat ini. Meski demikian, Kariyanto belum dapat merinci seberapa jauh dampak kasus ini terhadap bisnisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini