Sukses

Komunitas Land Rover Gelar Sumatra Tribute 2020

Liputan6.com, Jakarta - Land Rover Club Indonesia (LRCI) menggelar Sumatra Tribute 2020 sebagai perayaan Camel Trophy yang menginjak usia 40. Bukan cuma perayaan, Sumatra Tribute juta menjadi napak tilas kehadiran Camel Trophy di Tanah Air.

Ya, Indonesia sempat menjadi tuan rumah gelaran itu. Bahkan sampai empat kali, Sumatra (1982), Kalimantan (1985 dan 1996), serta Sulawesi (1988).

“Mengingat Indonesia adalah tuan rumah Camel Trophy pada empat kesempatan terpisah. Tapi sayangnya tidak pernah ada peserta dari Indonesia. Oleh karena itu, kali ini kami menggelar untuk merayakan 40 tahun Camel Trophy,” ucap dr. Firman Wahyuni, Ketua Umum LRCI di Jakarta, pekan lalu (22/02).

Sesuai namanya, para peserta akan menelusuri jalur Camel Trophy. Namun, ada perbedaan. Jika sebelumnya rute dimulai dari Sumatera Utara menuju Jambi, kini dibalik. Terbagi menjadi dua leg, serta terdiri jalur offroad dan onroad.

Gelaran sendiri berlangsung pada Desember ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan sejak tahun lalu. LRCI sempat melaksanakan survei atau dry run untuk mempelajari jalur yang telah lama ditinggalkan itu.

“Kami mencoba sebisa mungkin mempertahankan untuk mengikuti jalur asli. Walau memang beberapa ada yang sudah berubah, seperti menjadi jalur antar provinsi, tol atau tanah perorangan,” terang Syamsu Setiabudi, Route & Trip Coordinator Sumatra Tribute 2020.

Total, jarak yang akan ditempuh peserta mencapai 1.600 km. Ini ditempuh dalam 16 hari. Menariknya, nanti peserta sekalian melewati titik-titik menarik sepanjang jalur, seperti Danau Toba, Taman Nasional Teso Nilo Riau dan Bukit Dua Belas. Guna mengetahui keindahan dan keragaman tanah Indonesia.

 

2 dari 2 halaman

Model Bebas

Untuk jalur offroad, jumlah peserta yang dibatasi 40 Land Rover. Model yang digunakan bebas, baik itu Series, Light Weight/Santana, Defender, Range Rover, Discovery atau Freelander. Ada persyaratan unik untuk mengikuti, yakni mobil harus dicat warna khas Camel Trophy, yakni Sandglow.

Perangkat berupa roof rack, bulbar, rollbar, dan snorkel wajib terpasang, serta beberapa lainnya yang menunjang perjalanan. Peserta tidak diperbolehkan memakai roof tent atau side awning, kecuali yang hanya mengikuti jalur Sumatera Overland (onroad).

Untuk memperluas gaung Sumatra Tribute 2020, LRCI pun akan mengadakan pra-event. Isinya berupa kegiatan pameran di tempat-tempat umum, edukasi dan one day off road driving experience. Event besar ini mendapat dukungan besar dari Agen Pemegang Merek (APM), Jaguar Land Rover Indonesia.

“Kehadiran kegiatan ini menunjukkan bahwa betapa besarnya antusias penggemar Land Rover di Indonesia. Anda (LRCI) adalah representasi sebenarnya dari merek Land Rover,” ucap Roland Staehler, Chief Operating Officer PT Wahana Auto Ekamarga pada kesempatan yang sama.

Sumber: Oto.com

Mazda CX-30 | First Drive | Compact Crossover Rasa Sedan