Sukses

Mengenal Perbedaan Ban Bias dengan Radial

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin pernah mendengar istilah ban radial dan ban bias. Keduanya memiliki wujud yang serupa, namun keduanya memiliki perbedaan yang tak terlihat oleh mata.

Mengutip laman Federal Oil, Rabu 19 Februari 2020, ban radial dan bias memang memiliki perbedaan dari konstruksi ban meskipun secara fisik keduanya agak sulit tak bisa dibedakan.

Ban radial umumnya ditandai dengan kode “ R”, misalnya 120/70-R17. Dari segi konstruksi, ban bias umumnya dilihat dari lapisan nilon yang disusun secara menyilang. Sudutnya berkisar 45-60 derajat. Sementara ban radial memiliki sudut 90 derajat.

Ban radial ini sebetulnya merupakan pengembangan teknologi dari ban bias. Ban itu memiliki ply cord bersudut kurang lebih 90 derajat terhadap garis tengah ban.

2 dari 3 halaman

Perbedaan Lainnya

Perbedaan lainnya adalah bank radial memiliki steel belt atau sabuk baja di atasnya. Steel belt ini membuat konstruksi ban lebih rigid dan kekar. Inilah yang membuat daya cengkramnya ke aspal lebih sempurna. Dalam kondisi menikung, handling-nya lebih mantap.  

Ban radial juga tergolong ringan sehingga mempermudah manuver kendaraan. Untuk motor berkapasitas besar, pemakaian secara terus-menerus tetap akan membuat ban stabil karena rigid.

Sumber: Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading