Sukses

Datsun Setop Produksi dan Penjualan di Indonesia

Tahun ini, tepatnya mulai Januari 2020, merek harga terjangkau milik Nissan, Datsun resmi setop produksi

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, tepatnya mulai Januari 2020, merek harga terjangkau milik Nissan, Datsun resmi setop produksi. Namun, pabrikan asal Jepang ini tetap berkomitmen untuk melanjutkan proses manufakturnya di Tanah Air, dan mengganti strategi yang berbeda.

Dijelaskan Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), berhenti produksinya Datsun ini sangat jelas. Bahkan, keputusan resminya tersebut sudah di-publish dan terkonfirmasi dari semua pihak, baik pemerintah maupun agen pemegang merek (APM).

"Fasilitasnya digunakan untuk Mitsubishi, karena butuh tambahan fasilitas produksi mesin Livina (Xpander)," jelas Putu saat berbincang dengan wartawan di acara diskusi pintar Isuzu, di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020).

Namun, ketika ditanya soal kelanjutan bisnis Datsun atau penjualannya, pria ramah ini masih enggan menjelaskan lebih detail. "Kalau soal jualan saya kurang tahu, tapi yang tanggung jawab aftersales marketnya tetap berjalan.

"Berarti fokusnya hanya Nissan saja? Ya, seperti begitu," tambahnya saat ditanya terkait penjualan Datsun di Indonesia.

Sebagai informasi, memang rencana produksi mesin untuk Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sudah berhembus kencang beberapa waktu lalu. Pasalnya, mesin yang digunakan oleh dua LMPV tersebut, memang masih diimpor langsung dari Jepang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tumbang di Indonesia, Datsun Malah Siapkan Model Baru di India

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dipastikan akan menghentikan produksi Datsun tahun depan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto.

Harjanto menyebut bahwa saat ini PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tengah mengubah strategi penjualan mereka. Pabrikan asal Jepang itu juga fokus ke proses produksi lokal mesin all-new Nissan Livina.

Tak hanya Indonesia, pabrik produksi Datsun di Rusia kabarnya juga akan berhenti beroperasi mulai 2020 mendatang. Namun, masih belum ada informasi resmi dari pihak PT NMI terkait hal ini.

Menariknya, mengutip dari Nikkei, Nissan nampaknya masih akan mempertahankan merek Datsun di India. Mereka bahkan kabarnya sedang mempersiapkan model baru untuk pasar otomotif Negeri Bollywood.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.