Sukses

Resmi Dipasarkan, Seberapa Canggih Hyundai Ioniq Sebagai Mobil Listrik Termurah di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), resmi memperkenalkan dan membuka keran pemesanan untuk mobil listrik terbarunya. Hyundai Ioniq Electric didatangkan langsung alias CBU dari Korea Selatan, dibanderol dengan harga Rp569 juta off the road.

Dengan harga tersebut, mobil ini menjadi mobil listrik termurah di Indonesia, dan siap untuk bersaing dengan kendaraan ramah lingkungan lainnya. Lalu, bagaimana dengan spesifikasinya?

Desain eksterior mobil ini cukup futuristik, dengan front grille New IONIQ Electric memakai desain baru yang tertutup. Semua lampunya seperti head lamp, rear combination lamps sudah LED DRL. Rodanya memakai ukuran 205/60/R16.

Hyundai Ioniq Electric ini dibekali dengan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38,3 kW di mana baterai ini telah mengalami peningkatan dari generasi IONIQ Electric sebelumnya. Dengan kapasitas baterai terisi penuh, Hyundai IONIQ Electric dapat berjalan sejauh 373 kilometer (berdasarkan NEDC).

Dengan motor elektronik new Hyundai Ioniq Electric memberikan tenaga maksimum 134 Tk (100 kW) dengan torsi 295 Nm dan dilengkapi standar dengan charger on-board 7,2 kW.

Stasiun pengisian cepat (fast charging station) 100 kW, baterai New Hyundai Ioniq Electric dapat mencapai 80 persen pengisian dalam waktu 54 menit. Sementara pada stasiun pengisian cepat 50 kW, baterai Hyundai Ioniq Electric mencapai 80 persen dalam waktu 57 menit. Dibutuhkan waktu minimal 6 jam 5 menit untuk mengisi baterai Hyundai Ioniq Electric dari indikasi baterai 0 persen ke 80 persen dengan standar AC (240 V).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Interior

Sedangkan interiornya, sedan liftback ini terlihat cukup mewah dengan dilengkapi heated and ventilated front seat, Leather seat dengan lumbar support pada bagian driver, dan push start button dengan smart key dan immobilizer.

Sistem hiburannya menggunakan layar sentuh lebar 7 inci high definition TFT-LCD cluster information. Sistem audio ini juga mendukung konektivitas Android Autolink dan Apple Car Play, yang dilengkapi dengan fitur aux, USB, iPod dan Bluetooth. Steering wheel dengan fungsi tilt dan telescopic dilengkapi dengan audio remote.

Tak ketinggalan ada electronic gear shift button, paddle shifter (regenerative brake control), dan inside rear view mirror dengan ECM (electronic chromic mirror).

Fitur keselamatan juga sudah mumpuni, dilengkapi 7 airbags (driver & passenger), side+curtain, front thorax & pelvis + curtain, knee (driver). Selain itu, juga sudah dilengkapi parking distance warning, rear view monitor, dan tire pressure monitoring system.

Sedangkan untuk kenyamanan berkendara, new Hyundai Ioniq Electric memiliki tiga mode berkendara, yaitu Eco, Sport, dan Normal dengan transmisi single speed reduction gear yang dilengkapi electric parking brake dengan autohold.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.