Sukses

3 Bahan Murah untuk Bersihkan Aksen Krom pada Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Aksen krom dinilai menambah kemewahan pada sebuah mobil. Sehingga banyak aksen krom yang mulai menghiasi wajah mobil-mobil keluaran terbaru.

Berbeda dengan tren mobil zaman dulu yang lebih banyak mengandung material logam. Sedangkan lapisan krom pada kendaraan modern menggunakan plastik sebagai bahan dasarnya.

Meski begitu, bukan berarti perawatannya lebih mudah. Menurut laman Auto2000, merawatnya butuh tips yang sama meski tak harus menggunakan bahan khusus.

"Perawatannya butuh beberapa langkah, yakni langkah basah dan langkah kering untuk merawat krom," jelas PDS Auto2000 Pandeglang, Romi.

Romi menjelaskan, langkah basah yakni langkah awal melakukan pengangkatan kotoran dengan menggunakan media air. Gunakan air hangat untuk mengangkat kotoran, terutama pada bagian sela-sela yang banyak terdapat timbunan kerak air.

"Langkah ini bisa juga dilakukan dengan memakai campuran sabun cuci piring dan air konsentrasi sedang. Baik air hangat maupun air sabun, gunakan kuas lembut untuk pengerjaannya," paparnya.

Proses selanjutnya adalah langkah kering. Pastikan kondisi krom yang akan dibersihkan sudah dalam kondisi kering. Ada tiga bahan yang bisa jadi rujukan membersihkan krom.

 

2 dari 3 halaman

1. Minyak Kayu Putih

Caranya, tuang minyak kayu putih ke kain lap bersih lalu gosokkan pada permukaan krom yang kotor dan biarkan menguap. Setelah kering, lakukan pengelapan dengan kain lap bersih. Tips ini cocok digunakan pada permukaan krom yang sudah mulai memburam.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi putih dioleskan pada permukaan krom higga merata. Biarkan beberapa saat hingga sedikit mengering, mamun jangan terlalu kering. Lanjutkan menggosok dengan lap bersih. Tips ini tepat dipakai pada permukaan krom yang sudah memiliki kerak air dan buram.

3 dari 3 halaman

3. Bedak

Taburkan permukaan krom dengan bedak, kemudian dilap dan dibersihkan dendan kain bersih. Tips ini sebaiknya dilakukan untuk merawat krom yang masih baik kondisinya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Suzuki Saluto Resmi Meluncur, Harga Rp35 Jutaan
Artikel Selanjutnya
Maling Bobol Tembok Dealer Demi Ducati Panigale V4 R