Sukses

Honda Siapkan Motor Sport dengan Mesin Supercharger

Liputan6.com, Jakarta - Honda diketahui tengah menyiapkan CBR250RR terbaru. Kabarnya, model anyar ini dibekali mesin khusus untuk menandingi Kawasaki Ninja ZX-25R.

Kabar soal peluncuran Ninja 250 cc 4-silinder tentu mengejutkan. Di saat pabrikan lain berjuang menjual mesin dua silinder, Kawasaki justru memunculkan edisi bermesin empat silinder. Sementara pesaing lain seperti Honda CBR250RR atau Yamaha R25 masih bertahan dengan pola lama.

Menariknya lagi, ZX-25R bakal jadi konsumsi publik Tanah Air. Kabar ini diperkuat melalui unggahan foto si kuda besi oleh pihak APM.

Toh, mereka (Kawasaki Motor Indonesia) juga sudah memastikan ingin meniagakan lini sport paling baru Kawasaki itu. Kondisi inilah yang akhirnya mencuatkan kembali isu melangkahnya sang pesaing, terutama Honda CBR250RR.

Sudah kami tuliskan pada berita sebelumnya, Honda disebut tengah menyiapkan penyegaran pada CBR seperempat liter. Terdapat tiga fitur yang diyakini teraplikasi.

Beberapa sumber menyebut akan ada terapan anyar di tubuhnya. Mulai dari smart key system, assist & slipper clutch dan quick shifter. Ini masuk akal, mengingat CBR250RR belum punya terapan tadi.

Bandingkan dengan Ninja 250. Sejak tahun lalu, model paling atasnya sudah berpelengkap sistem kunci keyless. Sedangkan dua fitur lainnya bisa ditemui pada Ninja 4-silinder. Bila benar disematkan, level Honda CBR250RR setara dengan Ninja 250 cc 4-silinder 2020.

Termasuk menyoal perbekalan supercharger. Isu terkini menyebut, pabrikan sayap kepak akan memasangkan pendongkrak tenaga serupa.

Terpampang jelas via sketsa, hasil guratan paten milik pabrikan. Pada gambar terlihat Honda CBR250RR 2020 bakal mengandalkan supercharger.

2 dari 2 halaman

Mengandalkan Supercharge

Pun mengenai detil mesin. Dilihat dari bentukannya sudah pasti konstruksi-nya adalah V-Twin engine, meski tetap dua silinder.

Menariknya, terkaan mengenai mesin baru CBR250RR ini justru sudah sempat menjadi bahasan sejak 2015. Sejak saat itu, AHM selaku produsen praktis tak melakukan pengembangan berarti.

Mereka malah menghadirkan varian termurah CBR250RR, di 2018 lalu. Dijual lebih bersahabat lantaran tak menyertakan perangkat ABS.

Namun, bila menilik kelengkapan Ninja 4-silinder tadi, rasanya tak ada cara lain bagi Honda selain merealisasikan CBR250RR supercharger.

Kendati jika diwujudkan, peminangnya mesti siap dengan banderol yang tinggi. Ninja ZX-25R saja prediksinya dilego Rp 100 jutaan.

Tak menutup kemungkinan CBR250RR 2020 dibanderol mirip-mirip. Meski ada perbedaan spek, tapi ada probabilitas beririsan.

Terlebih kita juga tahu banderol motor Honda selalu lebih mahal dari yang lain. Kita tunggu kebenarannya di tahun ini atau tahun depan! 

Sumber: Oto.com

MPL Season 5 | Road To Final - 10 APR | 12:30 WIB | E-sports
Loading