Sukses

Cara Ini Bikin Mobil Tetap Kinclong Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim hujan, ada beberapa perhatian yang harus dilakukan pemilik kendaraan, salah satunya menjaga bodi mobil tetap kinclong saat berkendara.

Tak hanya itu, pastikan mobil melakukan servis rutin ke bengkel langganan dan melakukan perawatan terbaik untuk interior agar tetap nyaman digunakan meski jalanan macet.

Berikut beberapa tips perawatan mobil yang perlu diperhatikan ala 3M.

Merawat interior mobil tidak harus dilakukan di salon mobil, tapi juga dilakukan sendiri di rumah. Cara membersihkan interior mobil diawali dengan membersihkan dashboard, lalu mengangkat semua jok di mobil, dilanjutkan dengan membersihkan karpet dan melakukan vakum pada bagian lantai mobil.

Saat membersihkan interior, sebaiknya gunakan konsentrat pembersih mobil yang tepat. Cari yang tidak mengandung asam, sehingga mobil tidak mudah korosif dan aman digunakan untuk membersihkan kotoran noda pada permukaan kulit, vinyl, plastik, karet, dashboard, jok, karpet, mesin, ban, pelek dan seluruh bagian eksterior dan interior.

Apabila interior sudah bersih, maka eksterior perlu diperhatikan. Bagian umum yang perlu menjadi perhatian khusus adalah kaca mobil, karena jamur bisa mengurangi pandangan pengemudi, terutama saat hujan. Gunakan sampo cuci mobil dengan formula khusus berbahan dasar air atau waterbased yang ramah lingkungan.

2 dari 3 halaman

Mencegah Jamur

Selain dapat menyingkirkan kotoran serta debu, lapisan cat kendaraan akan tetap terjaga dan tidak menimbulkan bekas noda. Keringkan bodi mobil dengan polyester sehingga tak ada noda dan residu tertinggal. 

"Selain kondisi mobil yang prima, tentu diperlukan perawatan mobil yang tepat pada bagian interior dan eksterior mobil. Dengan perawatan yang baik, mobil akan siap menghadapi segala resiko, mulai dari pergantian cuaca hingga mencegah timbulnya jamur yang dapat mengganggu penglihatan ketika berkendara," kata Ashutosh Shirodkar, Director of Safety and Industrial Business Group, 3M Indonesia.

Intensitas hujan yang tinggi membuat mobil cepat kotor dan meninggalkan residu pada cat mobil. Karena itu selalu perhatian kondisi kendaraan sebelum berkendara.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Perhatikan Cara Mudah Hilangkan Bekas Stiker di Mobil
Artikel Selanjutnya
Empat Keunggulan Sistem Injeksi pada Sepeda Motor