Sukses

Mobil Matik Tiba-Tiba Tak Mau Maju, Mungkin Ini Penyebabnya

Memiliki beberapa kelebihan dibanding transmisi manual, mobil matik mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Salah satu yang mencolok ialah tak ada pedal kopling dan tuas transmisi yang dibuat otomatis.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki beberapa kelebihan dibanding transmisi manual, mobil matik mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Salah satu yang mencolok ialah tak ada pedal kopling dan tuas transmisi yang dibuat otomatis.

Dua hal tersebut membuat mobil matik lebih diminati pengendara pemula dan wanita. Meski demikian, mobil matik juga memiliki beberapa problem yang sering dihadapi, salah satunya mobil tak mau jalan meski pedal gas telah ditekan.

Berikut beberapa penyebab mobil matik tidak dapat berjalan seperti dilansir Garda Oto.

1. Mesin Mengalami Slip

Penyebab umum mobil matik tak mau berjalan ialah mesin mobil slip. Terjadi ketika melaju, mobil matik justru hilang tenaga dan mesin meraung, sehingga kendaraan mobil tidak bisa berjalan saat perpindahan gigi.

Untuk memastikan mesin mobil slip, pemilik bisa melakukan pengecekan dengan menjalankan mobil dengan posisi awal transmisi di D. Tambah akselerasi mobil tanpa memindah tuas transmisi. Apabila terdengar suara mesin meraung dapat dipastikan mesin mobil mengalami slip.

2. Tersendat

Mobil yang tersendat tentu tidak dapat berjalan. Tanda dari tersendatnya mobil matik yakni, terjadi hentakan saat mobil berpindah gigi.

Setelah muncul hentakan, mobil tidak berjalan. Normalnya, perpindahan gigi pada mobil matik tidak menimbulkan hentakan. Bila mengalami sendatan, segera cek kondisi mesin mobil atau bawa ke bengkel terdekat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gigi Tidak Dapat Berpindah Secara Otomatis

Ketika tuas transmisi berada di posisi D, perpindahan gigi akan dilakukan secara otomatis. Meski pengemudi hanya menginjak atau melepas gas, mobil matik tidak bisa berjalan jika terdapat masalah saat perpindahan gigi.

Masalah pada perpindahan gigi dapat diketahui ketika pengendara menginjak gas, namun suara mesin sama seolah gigi tidak berpindah. Hal ini dapat menyebabkan gas tidak mau menyala sehingga mobil tidak berjalan.

4. Tuas Transmisi Sulit atau Tidak Bisa Digeser

Pada mobil matik, tuas transmisi mempunyai peranan penting. Masalah pada tuas transmisi dapat menyebabkan mobil tidak mau berjalan. Misalnya saat tuas transmisi sulit digeser.

Hal ini terkadang terjadi pada perpindahan tuas gigi. Meskipun knop pembuka kunci sudah dibuka, namun tuas pindah gigi tidak dapat digerakkan. Hasilnya mobil tidak dapat berjalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini