Sukses

Biar Awet, Begini Perawatan Jok Mobil Berbahan Fabric

Jok ini rentan terlihat kotor, karena jika terkena noda sedikit saja akan menyerap dan jika dibiarkan akan sangat sulit untuk dibersihkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelapis jok berbahan fabric umumnya menjadi standar banyak mobil yang beredar saat ini. Jok ini, biasanya terpasang di mobil kelas menengah, karena memang memiliki harga yang cukup terjangkau namun tetap nyaman.

Namun, meterial ini memiliki sifat yang mudah menyerap. Dengan begitu, jok ini rentan terlihat kotor, karena jika terkena noda sedikit saja akan menyerap dan jika dibiarkan akan sangat sulit untuk dibersihkan.

Nah, solusi terbaiknya adalah jika terkena noda harus segera dibersihkan. Tapi ingat, untuk membersihkannya ternyata tidak bisa dilakukan dengan secara asal-asalan.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, untuk membersihkan noda pada jok fabric, sangat disarankan untuk menggunakan cairan khusus pembersih jok mobil dengan cara cukup dilap atau disikat dengan sikat halus secara perlahan dan jangan digosok dengan keras.

Alasannya, karena bahan fabric adalah bahan kain, dimana terdapat struktur serat atau jahitan anyaman yang saling mengikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cairan pembersih

Cairan pembersih khusus jok mobil mengandung senyawa kimia yang cenderung korosif untuk mengangkat kotoran yang menyerap di dalam serat kain fabric.

Cairan ini berpotensi mengikis atau melemahkan struktur serat anyaman bahan fabric, dan sangat rontok jika digosok terlalu keras.

Kalau ada satu bagian serat anyaman yang sudah putus atau rontok, besar kemungkinan kerusakan akan menyebar karena jahitannya sudah dalam kondisi tidak menyatu lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.