Sukses

Jangan Terkecoh, Begini Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan Palsu

Liputan6.com, Jakarta - Busi menjadi salah satu kompenen penting pada kendaraan bermotor. Percikan api yang sempurna dari sebuah busi, menjadi faktor yang mempengaruhi performa mesin.

Jadi, menggunakan busi berkualitas menjadi sebuah keharusan bagi pemilik kendaraan, dan salah satu caranya dengan menggunakan yang asli.

Namun, kini marak beredar busi palsu, dengan harga yang lebih murah sehingga si empunya kendaraan tertarik menggunakan busi aspal tersebut.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, unttuk membedakan busi asli atau pasli, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan.

Pertama, perbedaan mendasar busi asli dan palsu bisa dilihat dari kode di busi. Hal tersebut, menunjukkan kode produksi yang artinya cuma diketahui oleh produsen pembuat. Pada busi palsu, cetakan kode umumnya tampak tidak rapi.

Selanjutnya, ulir atau biasa juga disebut drat pada busi asli lebih rapi dan halus. Anda bisa memperhatikannya ketika memilih busi, dan minta penjual untuk memperlihatkan merk busi lain supaya bisa lebih mudah untuk membandingkan.

Pada busi ada keramik sebagai isolator. Untuk busi palsu, keramik tersebut biasanya terlihat terlalu cerah sedangkan sebaliknya pada busi asli warna keramik terlihat sedikit tidak cerah.

2 dari 2 halaman

Ciri lain

Sementara itu, plating metal shell pada busi asli memakai bahan baja yang kuat dan tidak mudah berkarat. Sedangkan busi palsu umumnya mudah berkarat bahkan saat baru dibuka dari kardusnya sudah terlihat titik-titik karat yang terdapat pada plating metal shell-nya.

Bagian elektroda busi asli yang berfungsi untuk memercikkan bunga api tampak lebih rapi. Untuk yang palsu penempatan part-nya biasanya kurang presisi dan setiap busi kadang-kadang tidak sama, baik itu gap atau sambungannya.

Terakhir, gasket (ring) pada busi asli tampak lebih halus dan tidak mudah dilepas walau Anda putar mengikuti alur.

Meski nanti akhirnya bisa dilepas akan sangat sulit. Untuk busi palsu, bentuk gasket umumnya tidak rapi bekas potongannya dan mudah dilepas.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini yang Boleh Dilakukan dan Tidak Saat Mencuci Mobil di Musim Hujan
Artikel Selanjutnya
Ganti Oli Mesin, Pahami Kodenya Agar Tak Salah