Sukses

Enggak Ribet, Ini Cara Instan Mengubah Tampilan Motor

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik sepeda motor yang tidak puas dengan penampilan kuda besinya pasti bakal melakukan modifikasi. Biasanya, dengan beberapa ubahan yang dilakukan, roda dua kesayangan bisa terlihat lebih keren.

Namun, bagi yang tidak ingin melakukan modifikasi yang terlalu rumit, ada cara mudah untuk mengubah tampilan sepeda motor tanpa ribet yaitu dengan mengganti ban.

"Hal pertama yang bisa dilakukan dalam memodifikasi sepeda motor, adalah dengan mengganti ban. Dan itu menjadi salah satu cara agar sepeda motor memiliki tampilan berbeda," jelas Zandhy Utama, FDR Sales and Marketing Division Head PT Suryaraya Rubberindo Industrues (SRI), produsen ban FDR dan Federal saat ditemui di sela-sela gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2019, di Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

Lanjutnya, pemilik sepeda motor bisa saja mengganti ban dengan tipe tubetype menjadi ban tubeless. FDR sendiri memiliki 16 varian ban tubeless. "Tahun ini, kami juga mengenalkan ban FlemmoPRO dan Spartax, sebagai varian ban tubeless," tegasnya.

Selain itu, bagi pemilik sepeda motor yang menginginkan modifikasinya lebih ke arah performa, bisa menggunakan ban dengan intermediate compond. Sedangkan untuk pemilik motor sport, bisa menggunakan varian ban radial yang lebih ringan dan kokoh.

Sedangkan untuk ban racing, ada pilihan Sport MP76 dan Sport MP27 untuk road race dan matic race. Ada juga ban slick Sport FR75 dan Blaze SE untuk balap motor sport.

FDR juga menyiapkan bermacam varian ban modifikasi, seperti Sport Zevo, Sport XR Evo, Genzi PRO.

2 dari 2 halaman

FDR Uji Ban Prototipe di Kontes Mobil Hemat Energi

PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR berpartisipasi dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang di gelar Universitas Negeri Malang (UM) pada 24-28 September lalu.

"Ini adalah tahun keempat FDR mendukung Kontes Mobil Hemat Energi dan tahun ini kami hadir dengan ban prototipe hemat energi baru untuk kelas Urban, yaitu FX1,” kata Elsafan Rendianto, promotion department PT SRI dalam keterangan resminya.

Jimmy Handoyo selaku Technical Service Department Head PT SRI menjelaskan, ban prototipe FX1 ini memiliki kembangan dan konstruksi yang berbeda.

"Kembangan ini juga dirancang untuk memberikan traksi lebih pada ban FX1 ini. Sedangkan untuk konstruksinya sendiri, ban FX1 ini juga punya tapak yang lebih datar yang lebih mirip dengan ban mobil," terangnya.

Sekadar informasi, ban prototipe berjenis radial ini menggunakan kompon khusus EST atau eco smart tire sehingga mampu menghasilkan low rolling resistance atau hambatan gelinding yang rendah. Ban ini tersedia dalam 2 ukuran, yakni 90/80 R17 TT dan 90/80 R16 TT.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Motor Warna Doff Haram Parkir Sembarangan, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Mau Pasang Air Suspension di Mobil, Wajib Perhatikan Hal Ini