Sukses

Kembaran Honda ADV dari Tiongkok Jejaki Thailand

Liputan6.com, Jakarta - Lifan LF150-T yang merupakan skutik adventure asal Cina yang disebut-sebut sebagai kembaran Honda ADV150. Setelah dirilis di Cina, skutik 150cc ini masuk pasar Thailand.

LF150T sebenarnya muncul lebih dulu dibanding ADV150. Tepatnya sejak pertengahan Januari 2019. Sementara skutik adventure Honda, baru hadir Juli lalu di GIIAS 2019. Jika dilihat, ada beberapa bagian detail yang dibuat berbeda, paling kentara ada di bagian lampu utamanya.

Bentuknya malah mirip Yamaha X-Ride. Ada dua lampu terpisah, atas untuk lampu jauh, bawah lampu dekat. Di antara dua pencahayaan itu, dipisah oleh DRL. Semua lampunya sudah dibenamkan teknologi LED. Buntutnya lancip dan sepatbor belakang model menggantung, mirip model motor sport.

Dalam hal desain, skutik asal Cina nampak kekar. Ia bahkan memposisikan dirinya sebuah kendaraan crossover. Garis-garis tegas di bodinya terlihat kaku.

Namun menampilkan kesan berotot dan tetap asyik dilihat. Panel instrumennya berwujud kotak besar dan nampaknya sudah full digital. Tapi, untuk rumah kuncinya belum keyless, persis punya skutik Yamaha.

Ground clearance tinggi dan juga menggunakan model stang fatbar. Bagian windscreennya, LF150-T menggunakan model yang lebih tinggi dibanding Honda ADV 150.

Sama-sama memiliki model penyetelan tinggi rendah yang serupa. Caranya manual, dengan menarik tuas roda kecil untuk menyetel posisi ketinggian windscreennya.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Tangki bahan bakar berkapasitas 12 liter, cukup untuk perjalanan yang jauh. Untuk mengisinya, ada di tengah dek. Punya ketinggian jok 760 mm, cocok untuk tubuh orang Asia. Dan beratnya hanya 125 kg, ringan dan sangat mudah untuk bermanuver.

Fitur paling mencolok dari motor ini, suspensi depan model upside down, suspensi belakang monoshock. Rodanya pakai ukuran 14 inci dengan ban berprofil semi trail. Peleknya seperti Honda Forza. Bentuk segi palang delapan.

Bagian pengereman, menggunakan cakram di depan dan belakang. Dikawinkan dengan sistem pengereman bersensor alias Anti-lock Braking System (ABS).

Untuk spesifikasi mesin, skutik mirip ADV150 datang dengan kapasitas mesin 150 cc, satu silinder, liquid cooled, dengan transmisi otomatis continouos variable transmission (CVT). Tenaga maksimumnya 11,53 hp / 8.500 rpm dan torsi 11 Nm / 5.500 rpm.

Belum jelas berapa harga motor ini, namun ada bisikan dari Lifan Thailand, kalau LF150-T dijual dengan harga miring. Sementara Honda ADV150 di Thailand mencapai 97.900 baht atau setara Rp 45,4 juta. Tentunya motor dari Cina bakal lebih murah dari itu.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Menjajal Kemampuan Honda ADV 150, Pesaing Yamaha NMax
Artikel Selanjutnya
Yamaha NMax 2020 vs Honda ADV150, Lebih Menarik Mana?