Sukses

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Avanza G 2017 atau Calya G Terbaru?

Liputan6.com, Jakarta - Toyota memiliki beragam jenis mobil 7 penumpang. Dua model yang harganya terjangkau adalah Toyota Avanza dan Calya. Calya berstatus LCGC dan Avanza adalah model reguler untuk keluarga.

Sebetulnya dua kendaraan ini punya segmentasi market yang beda. Namun lagi-lagi ada titik temu, kalau kita membandingkan harga. Antara Calya G AT baru dan Avanza G lansiran 2017.

Varian tertinggi, Calya G AT dijual Rp 158,4 juta OTR Jakarta. Sementara Avanza G AT keluaran 2017 di pasar mobkas Jabodetabek dilego antara Rp 140 juta hingga Rp 160 jutaan. Banderol tergolong masih tinggi dibanding merek lain sekelasnya. Dan yang pasti, keduanya produk T brand yang sudah melekat di hati konsumen kebanyakan. Mana yang layak dipilih?

Mesin

Perbandingan dimulai dari performa engine. Calya mengandalkan powertrain 3NR-VE berkubikasi 1.197 cc. Mesin inilah yang diklaim irit bahan bakar dan mampu mengakomodasi mobil keluarga ukuran kompak. Konfigurasinya 4 silinder dengan dual VVT-i, mampu menyuplai torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm. Lalu daya maksimal sebesar 86,2 Tk pada 6.600 rpm.

Sedang Toyota Avanza, punya kapasitas sedikit lebih besar. Mesin bensin NR 1.329 cc menghasilkan tenaga maksimum 94,5 Tk pada 6000 rpm. Dorongan torsi puncaknya 120 Nm pada 4.200 rpm. Wajar saja output-nya jadi daya unggul, lantaran ruang bakarnya lebih besar dari Calya.

 

2 dari 3 halaman

Dimensi

Avanza memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, wheelbase 2.655 mm dan jarak pijak tanah 200 mm. Sementara Calya punya panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm dan ground clearance 180 mm. Untuk kelapangan kabin, keduanya akomodatif, namun lebih lega Avanza. Meski, di dalam Calya terbaru memiliki interior yang makin bagus dan tambahan kompartemen.

Fitur Keselamatan

Pada Calya, dibekali sistem pengereman, ABS plus EBD, yang memastikan kontrol optimal saat berkendara. Immobilizer key tetap dipertahankan, untuk mengurangi risiko pencurian. Tak ketinggalan sematan dual SRS Airbag, 3 point seatbelt, isofix dan anti-theft system di semua tipe. Ditambah retractable mirror yang bikin praktis. Paling penting, audio steering switch yang baru di Calya. Ini memudahkan pengaturan audio head unit, tanpa perlu memindahkan tangan dari genggaman di kemudi. Praktis dan menambah keamanan.

Fitur safety keduanya mirip. Avanza G AT menyediakan dual SRS airbag, rem ABS, headrest dan seat belt 3-titik di semua jok serta ISOFIX. Avanza punya side impact beam pada rangkanya, untuk meredam benturan samping lebih baik. Namun pada unit bekas, tidak diberi audio switch di lingkar kemudi. Calya sedikit lebih baik di sektor ini.

Hiburan dan Kelengkapan

Urusan pemanja telinga, Avanza punya head unit 2DIN namun belum layar sentuh. Anda bisa memutar musik lewat DVD, CD, AUX, USB dan Bluetooth. Kalau Calya G menawarkan monitor layar sentuh 6 inci yang terhubung iPod atau Iphone connectivity, MP3, DVD, USB, bluetooth dan aux. Sistem penyejuk kabin Avanza sudah double blower. Calya hanya memakai kipas tambahan, yang meneruskan embusan AC depan ke kabin belakang.

 

3 dari 3 halaman

Pilih Mana?

Jujur dengan dana segitu, meski unit bekas, Avanza memiliki kemampuan dan kelapangan lebih dari Calya. Mobil bikinan 2017 masih tergolong baru, asal Anda memilih unit yang sehat di semua aspek. Beli Calya memang terasa gres dan ada kepuasan batin. Terlebih lampu sudah LED dan pelek dual tone. Bila fungsi sebuah kendaraan yang sedang Anda cari, maka Avanza tetap lebih layak dipinang. Meski, membeli Calya pun bukan hal yang salah.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Viar Cross X 200 ES Disuntik Mati, Ini Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Mobil Mewah Terlantar dan Populasi Toyota Avanza