Sukses

2 Mesin F1 Ferrari Bakal Dilelang, Ini Bocoran Harganya

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang bermimpi ingin memiliki mesin super kencang, kini mimpi Anda bisa terwujud. Mesin mobil balap Formula 1 berkode Tipo 051/B/C milik Ferrari dilelang untuk umum.

Mesin yang ditawarkan adalah jantung mekanis yang dipakai pada F2002. Mobil ini pernah membawa Michael Schumacher dan Rubens Barrichello menang 15 kali dari 17 balapan pada musim 2002.

Event lelang diselenggarakan RM Sotheby’s, balai lelang produk otomotif terbesar di dunia. Perusahaan ini seringkali menjajakan kendaraan langka dan ikonik berbanderol luar biasa. Termasuk pula benda memorabilia lain, seperti suku cadang, helm atau sarung tangan.

Waktu penawaran dibuka sejak 22 November dan ditutup pada 2 Desember 2019. Dilansir caranddriver.com (27/11), informasi terakhir nilainya baru mencapai $18.500 (Rp 260 jutaan) atau setara harga hatchback di Indonesia. Dengan periode selama itu, dipastikan angkanya terus bertambah. Perkiraan barang kolektor ini terjual di rentang $50ribu (Rp 704 jutaan) hingga $70 ribu (Rp 986 jutaan).

Dapur pacu F2002 yang didesain Paolo Martini berspesifikasi V10, 90 derajat yang bernapas tanpa bantuan turbo. Kubikasinya tak sebesar tunggangan zaman sekarang, hanya 3,0 liter. Namun, semburan tenaga puncaknya sangat besar, 834 Tk yang keluar di putaran 17.800 rpm. Konfigurasi di dalam menggunakan dual overhead camshaft yang didukung sistem lubrikasi tipe kering (dry sump). Dibandingkan pesaing, ia bukanlah paling bertenaga, tapi mesin Ferrari berkode Tipo 051/B/C punya desain sangat ringan.

 

2 dari 3 halaman

Bukan Satu-satunya

RM Sotheby’s sebenarnya bukan satu-satunya yang menyajikan mesin itu. Toko online resmi Ferrari, juga menawarkan mesin yang sama, dengan skema jual bukan lelang. Banderolnya terbilang cukup mahal, bahkan berselisih cukup besar, hingga $20ribu atau Rp 282 juta dibandingkan dengan target harga tertinggi di RM Sotheby’s.

Untuk bisa memboyong pulang, pelanggan harus mengeluarkan dana sebesar $90ribu atau Rp 1,2 miliaran. Berbalut kromium, pusat tenaga F2002 itu oleh toko resmi dibentuk bak pajangan. Seperti trofi, dengan tulisan 'The Original Scuderia Ferrari F2002 GA Engine Year 2002' pada dudukan bawahnya. Konsumen yang tertarik pun sudah bisa memesan, tapi masih tahap pre-order. Belum diketahui kapan pengiriman ke pelanggan dilakukan.

 

3 dari 3 halaman

Ikonik

Sayangnya, tak dapat dipastikan unit yang diterima konsumen dalam bentuk blok saja atau ditambahkan komponen pendukung lain. Melihat unggahan foto laman toko resmi, kurang menarik kala dibandingkan dengan tawaran lelang. Lantaran barang yang ditawarkan RM Sotheby’s dilengkapi segudang perangkat. Mulai dari velocity stacks, timing cover, injector rails hingga exhaust headers.

Hal itu membuatnya semakin menarik secara rupa, seperti mesin yang siap ditanam dibalik kap mobil. Ditambah lagi, harga yang lebih terjangkau. Walau begitu, mesin dari toko online resmi dibekali sertifikat keaslian yang ditandatangani prinsipal tim Scuderia Ferrari. Tinggal pilih jalur mana yang diinginkan. Karena bagi pecinta dan kolektor segala hal berlabel Ferrari, memorabilia ini sangat ikonik.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Baru Meluncur, Pesanan Toyota Raize Meroket
Artikel Selanjutnya
Sosok 4 Aston Martin dalam James Bond 007: No Time to Die