Sukses

4 Langkah Mudah Mengecek Kondisi Ban Motor

Liputan6.com, Jakarta Kondisi cuaca di Indonesia kini sedang tak menentu. Terkadang bisa panas terik, lalu tak lama kemudian hujan deras. Oleh karena itu, para pengguna sepeda motor wajib cek kondisi ban setiap saat.

Pasalnya, ban menjadi komponen penting yang bersentuhan langsung dengan aspal. Tentu saja, saat panas menyengat, aspal pun ikut panas. Bisa-bisa ban juga ikut panas dan tidak berfungsi dengan baik.

Sebelum bepergian, alangkah baiknya untuk memperhatikan kondisi ban. Menurut laman Wahana Honda, berikut hal yang harus diperhatikan lebih jeli pada ban:

1. Tekanan Ban

Cek tekanan ban. Sangat penting bagi pengendara melakukan hal ini. Jika tekanan ban tidak sesuai dengan standar, tentunya akan menyebabkan beberapa hal negatif.

Seperti ban kempis akan menyebabkan keseimbangan saat berkendara akan berkurang. Hal itu bisa berakibat fatal karena bisa membuat pengendara terpleset.

 

2 dari 4 halaman

2. Alur Ban

Perhatikan alur ban, apakah masih tebal atau tidak. Biasanya pengecekan fisik dilakukan untuk mengetahui apakah alur ban masih bagus atau sudah halus sehingga perlu diganti. Semakin halus alur ban akan semakin berbahaya untuk digunakan.

Dengan alur ban yang halus daya cengkeram akan berkurang dengan drastis sehingga kamu perlu mengganti ban dengan yang baru.

 

3 dari 4 halaman

3. Cek Keseluruhan

Yang dimaksud dengan kondisi ban tentunya adalah kondisi fisik. Walaupun alur ban sudah dicek dalam kondisi yang bagus, terkadang kita menemukan kerusakan dini yang terjadi pada ban. Salah satunya adalah ban yang sobek terkena paku, atau benda tajam lainnya.

Pengecekan ini sangat berguna, karena jika kondisi ban yang rusak dipaksa untuk tetap dipakai kamu akan membahayakan diri sendiri, bahkan pengguna jalan lain, pastikan untuk tetap cek selalu kondisi ban apakan ada kerusakan atau tidak.

 

4 dari 4 halaman

4. Beban Angkut

Nah, poin ini sering dilakukan di Indonesia. Ban, memiliki karakteristik berupa berat maksimal yang bisa diterima, tentunya ada batas tertentu yang aman. Dengan memperhatikan hal ini tentunya kamu akan lebih memahami karakteristik ban yang kamu miliki.

Paling tidak yang perlu diingat adalah selama sepeda motor digunakan oleh 2 orang, dan tidak terlalu membawa barang bawaan yang berlebihan, akan aman.

Sumber: Otosia.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Nissan GT-R Edisi 50 Tahun Dibanderol Rp18 Miliaran
Artikel Selanjutnya
Daftar Biaya Servis Rutin Wuling Confero S