Sukses

Solusi Jitu Merawat Motor di Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan merupakan salah satu tantangan saat berkendara dengan kendaraan roda dua. Selain genangan air, ada beberapa masalah yang bisa ditimbulkan apabila pemilik mengabaikan perawatan sederhana.

Perawatan sederhana yang harus dilakukan pemilik sepeda motor di rumah, membuat kendaraan tetap nyaman digunakan saat musim hujan.

Untuk menghindari ketidaknyamanan, Technical Service Function (TSF) Wahana Honda memberikan tips untuk merawat motor dengan mudah di rumah.

Cuaca dingin dan lembab membuat pemilik kendaraan harus memanaskan mesin sebelum dikendarai di jalan. Jika terjebak banjir, cek kondisi oli mesin apakah sudah tercampur dengan air.

Menjadi komponen penting pada mesin kendaraan, jika warna oli berubah saat melakukan pengecekan, segera ganti dengan yang baru. Hal ini tentu berkaitan dengan kinerja dan umur mesin kendaraan.

Tak lupa memperhatikan kondisi filter udara. Apabila terkena air dan basah saat musim hujan, segera keringkan agar motor kembali bekerja maksimal.

 

2 dari 3 halaman

Air Masuk Knalpot

Apabila ada air yang tertinggal dalam knalpot, lakukan engkol mesin dengan kontak kunci di posisi off. Selain itu, bersihkan kanvas rem setelah menerjang banjir agar mampu bekerja dengan maksimal.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah karat pada motor. Untuk menghindari hal tersebut, pemilik kendaraan sebaiknya menyiram bodi motor dengan air setelah terkena hujan atau banjir.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Musim Hujan, Perlukah Ganti Ban Baru Biar Lebih Aman?
Artikel Selanjutnya
Kendarai Motor dengan Tangan Kiri dan Duduk Miring, Pria Ini Jadi Perhatian