Sukses

Musim Hujan, Perhatikan Bagian-Bagian Mobil Ini agar Tidak Cepat Rusak

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian wilayah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Kondisi ini tentunya akan mempengaruhi mobil kesayangan.

Air hujan memiliki beragam kandungan yang dapat memengaruhi bagian-bagian mobil, salah satunya asam yang bersifat korosif dan dapat menimbulkan karat.

Tak hanya kandungan pada air hujan, kondisi udara yang lembab juga dapat menyebabkan timbulnya jamur pada mobil.

Dilansir Top1, terdapat beberapa bagian mobil yang paling terdampak akibat hujan dan rawan mengalami gangguan. Berikut komponen mobil yang membutuhkan perhatian lebih agar tetap terawat saat musim hujan.

1. Kaca mobil

Air hujan yang mengenai kaca mobil dapat membuat kaca menjadi basah dan lembab. Apabila tidak segera dilap maka kaca akan memiliki potensi terkena jamur dan dapat mengganggu pandangan.

Karena itu, biasakan membersihkan kaca mobil setelah terkena air hujan.

 

2 dari 2 halaman

2. Lampu mobil

Sama seperti bagian kaca, lampu mobil juga memiliki potensi untuk terkena jamur apabila terkena air hujan. Jangan lupa untuk mengelap bagian lampu mobil setelah hujan agar terhindar dari tumbuhnya jamur yang dapat meredupkan nyala lampu.

3. Pelek

Pelek merupakan komponen yang paling dekat dengan jalan. Kondisi jalanan yang basah dan kotor karena hujan dapat membuat pelek menjadi penuh noda.

Apabila tidak cepat dibersihkan maka kotoran yang menempel pada pelek bisa menjadi kerak. Selain itu, kandungan zat asam pada air hujan juga dapat membuat velg menjadi cepat berkarat.

Penulis: Khema Aryaputra

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Ampuh Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Artikel Selanjutnya
Jangan Terkecoh, Begini Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan Palsu