Sukses

Daihatsu Rocky Lebih Mahal dari Toyota Raize, Kok Bisa?

Proyek kolaborasi Jepang dan Daihatsu, kembali menghasilkan dua model baru, yaitu Raize dan Rocky

Liputan6.com, Tokyo - Proyek kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu kembali menghasilkan dua model baru, yaitu Raize dan Rocky. Namun, dua mobil ini belum akan datang ke Indonesia, dan baru diluncurkan di Jepang.

Kedua model ini, menggunakan platform baru dari pabrikan masing-masing. Raize mengadopsi Toyota New Global Architecture (TNGA), sementara Rocky menganut Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Meskipun menggunakan platform yang bisa dibilang sama, namun dua model ini tetap memiliki desain yang berbeda, serta harga jual yang beda juga.

Bahkan, jika dilhat dari laman resmi Toyota atau Daihatsu, harga Raize lebih murah dibanding Rocky.

Toyota Raize dibanderol paling murah 1.679.000 Yen atau setara Rp 217 jutaan. Ada empat pilihan varian untuk SUV berdimensi panjang tak sampai 4 meter itu. Mulai dari X, X"S", G dan Z. Masing-masing bisa dipilih penggerak 2WD atau 4WD, serta dua konfigurasi berbeda.

Tentu harga juga beda. Misal, untuk varian X termurah 4WD dibanderol 1.918.000 Yen atau Rp 248 jutaan. Sementara yang paling mahal, tipe Z 4WD dilabeli 2.282.200 Yen atau Rp 295 jutaan.

Daihatsu Rocky ditawarkan dengan harga 1,705 juta Yen atau Rp219 jutaan untuk varian terendahnya. Sedangkan varian paling tinggi, yaitu premium dibanderol 2.422.200 Yen atau Rp311,4 juta.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toyota Raize

Toyota Raize memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Ukurannya mirip dengan LCGC Calya. Malah sedikit lebih panjang Calya dengan angka 4.070 mm. Sedang spesifikasi mesin Raize cuma 3-silinder 1.0 liter yang jelas mengejar irit bahan bakar.

Klaim dari pabrikan yang tertera di brosur, Raize bisa menempuh 18,6 km untuk satu liter bensin (2WD). Sedang opsi penggerak empat roda, diklaim 17,4 km/liter.

Mendukung keiritan dan tenaga, ada turbocharger pada dapur pacu Raize. Output mesinnya 98 PS dan torsi 140 Nm, disalurkan oleh CVT.

Sementara tampilan, Raize punya kesan yang sporty. Bentuknya tidak terlalu kotak (boxy), lazimnya kei car dan mobil khusus pasar Jepang. Wajahnya pun berkarisma dan membawa DNA bahasa desain RAV4 teranyar.

Kesan SUV crossover diperkuat oleh pahatan bodi atletis dan over fender kekar dengan roda 17 inci. Soal desain keseluruhan, menarik dan cocok untuk pasar Indonesia.

3 dari 3 halaman

Daihatsu Rocky

Sementara Daihatsu Rocky memiliki panjang 3.995mm, lebar 1.695mm, dan tinggi 1.620mm.

 

Daihatsu Rocky dibekali mesin berkapasitas 996cc dengan konfigurasi tiga silinder 12 katup intecooler turbo berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 98 Tk dan torsi 140 Nm dengan rentang 2.400-4.000 rpm.

Jika melihat ke belakang, Rocky bukanlah nama yang asing di pasar otomotif Indonesia.

Pasalnya, PT Astra Daihatsu Indonesia sempat memasarkan Rocky yang tak lain nama varian dari Daihatsu Taft. Mobil berwujud jip ini dikenal tangguh di segala medan termasuk off-road.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.