Sukses

Toyota Indonesia Bungkam Soal Kembaran Daihatsu Rocky

Liputan6.com, Jakarta - Toyota dan Daihatsu diketahui tengah mempersiapkan satu model kolaborasi lagi yang bakal dirilis dalam waktu dekat. Model kembaran seperti halnya Avanza-Xenia ataupun Rush-Terios itu dinamakan Raize dan Rocky.

Disebutkan, kedua model tersebut menggunakan platform baru, yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA) dan Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Selain itu, kedua model ini akan meramaikan segmen small sport utility vehicle (SUV), yang juga tengah meningkat di pasar Tanah Air. Lalu, apakah dua model ini bakal dibawa ke Indonesia, dan bakal diposisikan di bawah Toyota Rush dan Daihatsu Terios?

Terkait hal ini, Toyota Indonesia masih menutup rapat keran informasi peluncuran Toyota Raize di Indonesia. Bahkan, raksasa otomotif asal Negeri Sakura ini belum ingin berkomentar lebih banyak.

"Untuk produk baru, saya belum bisa komentar ya," jelas Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (31/10/2019).

Sementara itu, di gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019 beberapa waktu lalu, pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga setali tiga uang, dengan masih belum berbicara soal peluncuran atau produksi Rocky di Indonesia.

Meskipun, pabrikan yang ahli dalam memproduksi mobil kecil atau kompak ini tak menampik, jika model barunya tersebut berpeluang untuk diproduksi lokal.

"Sampai hari ini kami belum membicarakan produksinya di mana, karena mau dibikinnya kapan saja enggak tahu. Jadi belum bisa jawab," terang Amelia Tjandra Direktur Pemasaran PT ADM di Fuji Speedway, Shizuoka, Jepang, beberapa waktu lalu.

"Kalau kita tidak diproduksi di Indonesia, itu akan mahal banget. Jadi kalau mau diproduksi, harus di Indonesia. Enggak mungkin dari Jepang kita bawa ke Indonesia," tambahnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Diproduksi di Indonesia, Harga Raize dan Rocky Lebih Terjangkau

Jika nantinya diniagakan di Indonesia, posisi Rocky akan berada di bawah Terios. Besar kemungkinan harga jualnya juga akan lebih terjangkau.

"Secara konsep, Terios 7-seater, (Rocky) ini kan 5-seater. Mobil lebih kecil pasti bahan baku yang digunakan lebih sedikit. Ini logika saja, posisi price logikanya seperti itu (lebih terjangkau dari Terios)," kata wanita yang hobi menyelam itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Otomotif Hari Ini: Aksi Nekat Terobos Banjir dan Toyota Raize
Artikel Selanjutnya
Toyota Raize Sudah Resmi Meluncur, Masuk Indonesia?