Sukses

Jangan Asal Ganti, Kenali Dulu Jenis dan Bahan Pelapis Jok Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Jok menjadi salah satu komponen yang penting di mobil. Bagaimana tidak, komponen ini berhubungan dengan kenyamanan pengemudi dan penumpang, terlebih jika melakukan perjalanan yang jauh dan membutuhkan waktu yang lama.

Sebelum mengganti dan memilih jok yang pas, ada baiknya mencari tahu informasi seputar jenis dan bahan pelapis jok, agar tidak menyesal dikemudian hari.

Berikut, jenis dan bahan pelapis jok mobil seperti disitat dari laman resmi Daihatsu Indonesia:

Jok mobil dibuat dari beragam bahan pelapis, sehingga jenis-jenis jok mobil pun banyak sekali. Namun, pada umumnya jok mobil sering dibuat dari bahan pelapis kulit, semi kulit, nilon, dan vinyl.

Pertama yang akan dibahas, adalah bahan kulit yang sering dianggap sebagai bahan pelapis jok yang paling bermutu di antara bahan-bahan lainnya.

Selain nyaman oleh kelembutannya, desain bahan pelapis kulit ini mewah serta menarik hati. Akan tetapi, berdasarkan kualitasnya, bahan pelapis kulit bakal menguras kocek yang lebih mahal dari segi pembelian sampai perawatannya.

Bahan pelapis berikutnya, adalah semi kulit. Keunggulan, pelapis semi kulit terletak pada kekebalannya terhadap suhu panas.

Bahan bahan ini tidak menyerap panas, sehingga pemilik mobil tak usah khawatir ketika memarkir mobil di tempat yang terpapar terik matahari. Harga bahan ini cenderung terjangkau, dan untuk biaya perawatannya juga masih tidak terlalu mahal.

Kemudian, Bahan Nilon. Banyak yang mengatakan kualitas nilon hampir menyerupai kualitas bahan kulit. Bahkan, bahannya lebih kuat dan tahan lama. Harganya pun jauh lebih murah.

Akan tetapi, pada permukaan bahan pelapis ini terdapat pori-pori dengan diameter yang cukup besar sehingga rentan kotor.

Terakhir yaitu bahan vinyl. Bahan inilah yang cocok digunakan untuk pemilik mobil yang super sibuk, tidak punya waktu untuk merawat jok, atau bahkan sampai yang betul-betul pemalas ulung.

Jok dengan bahan pelapis ini sangat mudah dibersihkan, tidak ribet, dan tidak terlalu mahal dalam perawatannya.

Sayangnya, vinyl adalah penyerap panas yang baik sehingga pelapis ini berpotensi untuk mengurangi kenyamanan saat mobil terpapar terik matahari.

2 dari 2 halaman

Pemasangan Bahan Pelapis Jok Mobil

Ada beberapa cara pemasangan cover jok mobil yang bisa Sahabat praktikan dengan mudah. Tapi perlu diperhatikan dengan seksama cara pemasangannya dengan baik, agar pelapis jok mobil dapat terpasang dengan benar.

Pertama, yaitu dengan auto seat cover. Dengan cara ini, tidak perlu ribet-ribet membongkar jok karena prinsipnya hanya melapisi jok lewat sarung karet yang sangat mudah pemasangannya.

Kemudian, ada juga cara paten yang mengharuskan pembongkaran keseluruhan jok. Cara kerja sistem paten, adalah mengganti jok dengan jok kustom cara ini memang lebih rumit dari cara auto seat cover.

Lalu ada cara semi paten. Lewat cara ini, tidak akan seribet cara paten yang membongkar keseluruhan jok mobil. Cara kerja semi paten hanyalah melapisi jok lama dengan sarung yang baru.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Aman Mengendarai Skuter Listrik di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Antisipasi Begal, Sopir Wanita Taksi Online Ini Pasang Kerangkeng Besi