Sukses

Honda CR-V Hybrid 2020 Tak Pakai Transmisi, Begini Cara Kerjanya

Liputan6.com, Jakarta - Honda CR-V Hybrid model 2020 resmi diperkenalkan. Pembaruan eksterior melingkupi bagian wajah dan buritan. CR-V kini mengadopsi teknologi  keselamatan Honda Sensing. Seperti Accord Hybrid, CR-V ini tak menggunakan transmisi konvensional. 

Untuk pasar Amerika Serikat, CR-V Hybrid dibikin di pabrik Honda Greensburg. Perusahaan menyuntik modal US$ 4,2 juta dan menambah 34 pekerjaan baru, untuk mendukung produksi CR-V Hybrid. Sedangkan pabrik Russells Point, Ohio, yang memproduksi unit daya dua motor penggerak.

"Honda CR-V adalah SUV terlaris selama dua dekade terakhir. Dan pembaruan kami buat untuk model 2020, termasuk varian hybrid. Ini bakal memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar segmen SUV kompak. CR-V Hybrid juga menandakan arah kami untuk menghadirkan teknologi listrik Honda ke semua model,” papar Henio Arcangeli, Jr., Senior Vice President of Automobile Sales at American Honda Motor Co., Inc.

Kendaraan hybrid ini menjanjikan peningkatan efisiensi bahan bakar secara signifikan. Sistem penggerak canggih CR-V, diadopsi dari Accord Hybrid saat ini. Terdapat kombinasi dua motor listrik, dengan mesin siklus Atkinson DOHC 2,0 liter 16-valve. Dikatakan, efisiensi termalnya lebih dari 40 persen. Sebuah angka tertinggi dari model produksi massal mesin Honda.

Sistem dua motor Honda CR-V beroperasi tanpa perlu menggunakan transmisi otomatis, untuk penyaluran daya ke road. Sebagai penggantinya, Honda punya teknologi bernama Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Inilah yang dicangkokkan khusus ke powertrain hybrid. Cara kerja i-MMD langsung terbagi dalam tiga mode penggerak berbeda: EV Drive (motor listrik 100%), Hybrid Drive (motor listrik dan mesin bensin yang menggerakkan generator) dan Engine Drive (mesin bensin saja). Jadi, mobil memanfaatkan tenaga dari mesin 4-silinder Atkinson-siklus i-VTEC® serta motor listrik untuk menyesuaikan kondisi berkendara. OTO.com pernah menjelaskan kinerja penyaluran daya pada Accord Hybrid.

 

 

2 dari 3 halaman

Tenaga Maksimal

Tenaga maksimal yang diembuskan 212 Tk, naik dari 190 Tk pada CR-V reguler. Selain itu, kata Honda, terdapat peningkatan 50 persen dalam konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan CR-V biasa. Lalu intelligent power unit (IPU), yang berisi baterai dan sistem kontrol, dipasang di bawah lantai mobil. Ini memungkinkan CR-V Hybrid punya utilitas kargo yang baik, termasuk sandaran belakang yang bisa split 60/40.

Ia juga menandai teknologi pertama penggerak semua roda (AWD) pada model hybrid di pasar AS. Ketika traksi yang tersedia rendah, kopling elektronik diaktifkan, mengirimkan tambahan daya dari motor listrik ke roda belakang. Detail spesifikasi CR-V Hybrid baru, termasuk banderol resmi diumumkan awal 2020.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
All New Honda Beat Series Meluncur, Simak Fitur-Fitur Barunya
Artikel Selanjutnya
Honda Beat 2020 Resmi Meluncur, Harga Termurah Rp16 Jutaan