Sukses

Spesifikasi Esemka Bima Mirip Pikap Cina, Jangan-Jangan..

Esemka Bima resmi diluncurkan berbarengan dengan peresmian pabriknya di Boyolali, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Esemka Bima resmi diluncurkan berbarengan dengan peresmian pabriknya di Boyolali, Jawa Tengah. Bahkan, Presiden Joko Widodo sempat menjajal pikap yang bakal bersaing dengan Suzuki Carry dan DFSK Super Cab ini di Indonesia.

Kehadiran Esemka Bima ini memang cukup menyita perhatian publik. Bagaimana tidak, setelah melewati proses panjang, mobil yang digadang-gadang bakal menjadi mobil nasional ini akhirnya resmi dijual.

Namun, banyak yang mengganggap juga mobil komersial ini hasil rebadge dari salah satu model asal Cina, Changan Star Truck.

Jika dilihat dari desain eksteriornya memang tidak berbeda jauh. Hanya saja, terdapat perbedaan antara Esemka Bima dan Changan Star Truck, yaitu grill depan, lampu utama, dan bumper trapesium.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbandingan Dimensi dan Mesin

Namun, jika dilihat dari spesifikasi, berdasarkan brosur resmi yang dirilis, Esemka Bima memiliki dimensi panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.890 mm. Sementara jarak sumbu rodanya mencapai 2.900 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan kargo boks yang memiliki panjang 2.750 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 460 mm.

Sedangkan Changan Star Truck memiliki panjang 4.660 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.890 mm. Jarak sumbu rodanya 2.900 mm.

Berbicara soal mesin, kedunya sama-sama menggunakan unit berkapasitas 1.243 cc E-Power I4 DOHC. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 96,5 Tk. Perbedaannya hanya pada torsi, yaitu 119 Nm untuk Esemka Bima dan 112 Nm untuk Changan Star Truck.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.