Sukses

Jokowi: Mobil Esemka Layak Dibeli

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi yang memproduksi mobil merek Esemka. Sebagai mobil buatan Indonesia, mantan Wali Kota Solo itu meminta masyarakat untuk ikut membeli mobil tersebut.

Presiden Jokowi terlihat meninjau fasilitas pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi. Saat meninjau, ia didampingi oleh Presiden Direktur PT SMK Eddy Wirajaya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengungkapkan mobil Esemka telah dirintis sejak sepuluh tahun silam oleh para teknisi, anak-anak SMK serta para inisiator. Mobil Esemka ini adalah brand dan prinsipalnya Indonesia.

Produksi mobil Esemka, menurut Jokowi, banyak melibatkan suplier dan komponen-komponen yang berasal dari dalam negeri. Meski demikian, kandungan lokal untuk memproduksi mobil Esemka ini belum sampai angka 80 persen apalagi 100 persen.

"Tetapi sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, ini harus diacungi jempol keberanian dari PT Solo Manufaktur Kreasi ini," ucapnya saat peresmian fasilitas produksi pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jumat, (6/9/2019).

Jokowi mengungkapkan bergerak di bidang industri otomotif tidak mudah karena tingkat kompetisi saat masuk pasarnya tidak gampang.

Namun ia menegaskan bahwa sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya anak bangsa sendiri dipastikan produk tersebut bisa diterima pasar.

"Masuk pasarnya nanti tidak gampang dan tidak mudah. Tapi kalau kita mau menghargai brand dan prinsipal kita sendiri ini akan laku," harapnya.

 

2 dari 3 halaman

Mendukung Merek Nasional

Jokowi menjelaskan sejumlah pihak menanyakan terkait kesediannya untuk meresmikan pabrik otomotif yang memproduksi mobil Esemka ini. Ia mau hadir meresmikan karena ingin mendukung pengembangan industri otomotif nasional.

"Mendukung merek lokal, mendukung merek nasional. Itu saja jawabannya," ucapnya.

Jokowi meminta kepada semua pihak untuk mendukung keberadaan mobil Esemka yang merupakan karya anak bangsa. Ia pun mengaku tidak ingin memaksa kepada para tamu undangan yang hadir untuk membeli mobil tersebut.

"Kalau lihat produknya, saya sudah mencoba, melihat dan sudah tes. Memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangetan, apa lagi yang impor," pintanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jalan-Jalan Bareng Jan Ethes, Presiden Jokowi Pakai Kaos Wonderful Indonesia
Artikel Selanjutnya
Jawaban Nyeleneh nan Lucu Jan Ethes Saat Ditanya Soal Hewan Kesukaan oleh Jokowi