Sukses

5 Pertanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor, ban harus mendapat perawatan seperti mesin agar mampu bekerja maksimal dan tak mengalami kendala.

Selain itu, pemilik kendaraan harus tahu kapan komponen ini harus diganti karena berkaitan erat dengan keselamatan pengendara. Berikut ciri-ciri ban motor harus diganti seperti dilansir Federal Oil, Senin (2/9/2019).

1. Melihat Jarak Tempuh

Pemilik motor dapat menjadikan jarak tempuh apabila ingin melakukan pergantian ban secara rutin. Adapun jarak untuk pergantian ban depan ialah 12.000 kilometer , sedangkan ban belakang 10.000 kilometer.

2. Kembang Ban Sudah Tipis

Alur kembang ban dapat membuat pergerakan kendaraan lebih optimal dan memiliki fungsi penting pada kendaraan bermotor. Ketika alur kembang sudah mulai menipis dan motor sudah tak nyaman digunakan sebaiknya pemilik segera mengganti ban.

 

2 dari 3 halaman

3. Terasa Goyang Saat Menikung

Jika motor terasa goyang saat melintas di tikungan, bisa jadi ban yang digunakan tak lagi optimal dan harus segera diganti. Salah satu penyebab motor goyang saat digunakan menikung karena ban sudah gundul.

4. Ada Benjolan di Permukaan Ban

Meski masih terlihat bagus, ban yang sudah terlalu lama digunakan akan membuat permukaannya bergelombang alias benjol.

Tidak hanya terlihat besar dan bulat, ban yang permukaannya tidak rata bisa berakibat fatal terutama jika melaju kencang dan menikung.

5. Tapak Ban Sejajar dengan Tread Wear Indicators

Tread Wear Indicators (TWI) merupakan penanda yang terletak di sisi permukaan ban. Berbentuk segitiga, TWI adalah tanda batas keausan ban motor.

Apabila ban semakin dekat dengan ujung segitiga TWI, pemilik sebaiknya mengganti komponen ini karena si kulit bundar sudah mulai menipis dan tak lagi bekerja maksimal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ikuti Aturan Touring Internasional Supaya Perjalanan Tetap Asyik dan Selamat
Artikel Selanjutnya
Cuci Helm Sendiri di Rumah, Ikuti Panduan Ini