Sukses

Daftar Mobil Bekas Keren yang Seharga Motor Skutik Bongsor

Liputan6.com, Jakarta - Harga mobil selalu turun dari tahun ke tahun. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyenangkan bagi pemburu mobil bekas. Saat berstatus bekas, mobil yang asalnya tak terbeli pun masuk ke dalam budget yang sudah disiapkan. Bahkan, banyak mobil bekas yang kini seharga skutik bongsor, misalkan saja senilai Honda Forza yang dibanderol Rp80 jutaan.

Berikut kami rangkum pilihan mobil bekas keren seharga Honda Forza.

Toyota

Merek Toyota paling menarik dan masuk akal untuk dibeli, Innova generasi pertama. Terbukti sudah ketangguhannya sebagai tulang punggung keluarga Indonesia. Tapi, biarpun bertitel Kijang, harus diakui harga saat barunya cukup tinggi. Sekarang Anda bisa mendapatkannya di kisaran harga Rp 80 jutaan untuk keluaran 2005.

Trim yang tersedia mulai dari tipe E, G, dan V yang termewah. Bekalan amunisi Innova pun terdapat tiga pilihan. Untuk mesin bensin, berkode 1TR-FE 2.0-liter dan 2TR-FE 2.7-liter. Yang terbesar ini kurang mendapat respons bagus karena konsumsi bahan bakar yang boros. Terakhir, varian diesel 2.5-liter berkode 2KD-FTV. Konfigurasi tujuh penumpang, tentunya juga menunjang kebutuhan keluarga besar untuk pelesiran.

Di samping itu, sedan eksklusif sekelas Altis dan Camry berkode XV30 juga bisa dipinang. Kalau mau lebih mewah lagi, Harrier generasi awal cukup menarik. Tapi ingat, biaya berbenah dan perawatan di kelas mobil seperti ini rada mahal. Saat berburu, pastikan kondisinya benar-benar prima, setidaknya urusan mesin, elektronik, transmisi dan interior. Kalau eksterior, kami rasa kerusakan bodi banyak yang bisa kerjakan.

 

 

2 dari 5 halaman

Honda

Opsi menggiurkan dari Honda, jatuh pada CR-V generasi satu dan dua. Medium SUV gagah ini mudah sekali menarik perhatian. Angkatan pertama disediakan dalam konfigurasi kursi lima penumpang. Sementara mesinnya berkubikasi 2.0 liter empat silinder bensin. Uniknya, pintu bagasi dan kaca belakang bisa dibuka terpisah. Sangat praktis saat mau memasukkan barang.

Lantas generasi kedua, juga memiliki sistem bukaan bagasi yang sama. Tapi tampangnya berubah total jauh lebih modern. Tak hanya itu, ia memiliki konfigurasi tujuh penumpang walaupun agak sempit duduk di belakang. Hal unik darinya, tuas gigi (varian otomatis) berada di belakang kemudi. Soal jantung pacu, disediakan pula tambahan varian 2.4 liter mendampingi mesin lamanya.

Sedikit fakta menarik, beberapa importir umum memasukkan versi 4x4 dari kedua generasi. Varian itu memiliki sunroof sebagai standar, dan tentunya penggerak empat roda. Namun unitnya cukup langka dan harganya sedikit gelap, karena dianggap barang koleksi. Harga Rp 80 jutaan juga bisa ditukar dengan Honda Stream generasi pertama. Dilanjut dengan Jazz i-DSI, City i-DSI, serta Accord keluaran 2003-2005.

 

3 dari 5 halaman

Nissan

Nah, kalau mengintip Nissan, kami rasa yang menarik adalah Serena berkode bodi C24. Dulunya mobil ini dibanderol cukup mahal, serta memiliki kualitas buatan yang baik. Kelegaan kabin juga menjadi nilai plus untuk yang memiliki keluarga besar. Berbagai fitur canggih sudah terpasang. Misalnya, pintu geser elektrik (kiri) dan monitor di langit-langit. Mengenai jantung pacu, sudah cukup menunjang. Mesin 2.0-liter QR20DE bersemayam di bawah bonetnya. Saran kami, ambil tipe tertinggi saja (HWS). Karena sekarang harganya tak terpaut jauh dengan trim level di bawahnya.

Jika MPV semacam ini dirasa terlalu besar, Teana mungkin bisa jadi opsi berikutnya. Sedan bongsor ini dibuat untuk kelas yang cukup tinggi sepantar Camry dan Accord, namun nilai jualnya sekarang terjun bebas. Ia kurang diminati seperti teman-temannya. Tapi urusan kenyamanan dan performa mesin, sebetulnya menyenangkan. Alternatif lain yang lebih rasional, coba lirik Nissan March dan Grand Livina/Livina. Banyak yang menjualnya dengan harga menarik, serta usia yang tergolong muda.

 

4 dari 5 halaman

Ford

Menurut kami, Ford Fiesta generasi ke-enam cukup menarik diboyong ke rumah. Ya, secara teknis, ini angkatan pertama yang hadir di Indonesia. Ia memiliki desain dengan proporsi pas. Cantik dilihat dari depan maupun belakang. Begitu pula mesin dan pengendalian yang menyenangkan. Plus jok depan memeluk dengan baik saat bermanuver.

Jantung pacunya terbagi dalam dua pilihan, 1.4-liter dan 1.6-liter (Fiesta S). Ada hal yang harus diperhatikan sebelum membeli. Pastikan transmisinya dalam kondisi baik. Kami pribadi memiliki varian S, dan masalah yang sering timbul adalah komponen di dalam gearbox, terutama kopling dan TCM (Transmission Control Module). Sisanya, tidak ada masalah. Kalau tertariknya dengan mobil tinggi, Ford Escape dan Everest tertua juga bisa Anda catat dulu.

 

5 dari 5 halaman

Mazda

Mazda 2 jadi yang paling banyak muncul di laman jual beli mobil bekas untuk harga Rp 80 jutaan. Kebanyakan yang beredar, lansiran 2010 hingga 2011. Ia tak kalah cantik dengan Fiesta, teman sekelasnya.

Pada trim tertinggi, monitor besar di konsol juga sudah tersedia. Ditambah hadirnya kamera mundur yang memudahkan saat parkir. Jantung pacunya berkonfigurasi empat silinder segaris 1.5-liter DOHC. Outputnya menyentuh angka 100Tk, yang cukup untuk di dalam kota. Namun kalah dengan Fiesta S yang bisa memproduksi 120Tk. 

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid 2020 Tak Pakai Transmisi, Begini Cara Kerjanya
Artikel Selanjutnya
Kepincut Honda Sonic 150R, Simak Kelebihan dan Kekurangannya