Sukses

Indonesia Kalah Telak, Mobil Terbang Malaysia Siap Mengudara Tahun Ini

Pengerjaan proyek mobil terbang Malaysia ini dikatakan sudah 85 persen, dan tengah dikembangkan oleh perusahaan asal Malaysia di Jepang

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Industri otomotif Malaysia harus diakui lebih maju dibanding Indonesia. Selain tengah mengembangkan mobil nasional (mobnas) yang masih jadi mimpi di Tanah Air, Negeri Jiran ini juga sedang mempersiapkan mobil terbang yang siap diluncurkan tahun ini.

Dilansir Paultan, Rabu (21/8/2019), pengerjaan proyek mobil terbang Malaysia ini dikatakan sudah 85 persen, dan tengah dikembangkan oleh perusahaan asal Malaysia di Jepang.

Dijelaskan Menteri Pengembangan Wirausaha, Datuk Seri Mohd Redzuan Md Yusof, dirinya bulan depan akan bertolak ke Jepang, dan melihat langsung prototipe mobil terbang yang siap diluncurkan tahun ini.

"Saya akan ke Jepang pada September untuk Konferensi Penerbangan, dan saya berharap bisa melihat mobil (terbang) yang hampir lengkap yang akan kami bawa kembali menjelang akhir tahun ini," katanya.

Sebelumnya, prototipe mobil terbang ini akan siap diluncurkan pada Oktober. Namun, sang menteri mengatakan hal tersebut tergantung ekosisitem di Malaysia terkait mobil terbang, terutama dalam hal ketersediaan sesuatunya untuk bisa menunjukkan mobil terbang tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekosistem Mobil Terbang

Sementara itu, di Jepang sendiri memiliki ekosistem pendukung untuk industri mobil terbang. Namun, pihak pemerintah Malaysia menilai pengembangan kendaraan terbang untuk Malaysia harus dilakukan secara lokal.

"Mobil terbang adalah inisiatif pribadi. Kami tidak mengendalikan mereka (investor) pada apa yang ingin mereka lakukan, tetapi kami perlu menciptakan industri (mobil terbang) di Malaysia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.