Sukses

Kampas Rem Wajib Diganti Sebelum Habis, Begini Cara Mengeceknya

Liputan6.com, Jakarta - Rem merupakan salah satu piranti yang sangat penting untuk kendaraan bermotor. Oleh karena itu, pergantian kampas rem merupakan hal wajib untuk diperhatikan pemilik kendaraan.

Memiliki fungsi memperlambat sampai menghentikan putaran roda pada kendaraan bermotor, rem harus berfungsi dengan baik. Jangan sampai kecelakaan terjadi karena komponen penting ini tak diperhatikan dengan benar.

Salah satu yang perlu diketahui pemilik kendaraan ialah mengetahui kampas rem masih bisa digunakan atau tidak. Sangat mudah, Anda bisa mengecek sendiri hal ini di rumah, berikut panduannya seperti dilansir Federal Oil, Senin (19/8/2019).

Untuk rem depan, anda cukup menarik tuas rem depan. Apabila handle rem yang ditarik dengan kuat tak bisa memberikan fungsi maksimal pada rem atau tak lagi pakem, tandanya kampas harus segera diganti.

Hal yang perlu diingat juga ialah penyebab rem tidak lagi berfungsi maksimal karena kampas rem habis, tapi karena material rem yang mengeras atau pemakaian yang sudah terlalu lama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengecek Kampas Rem Belakang

Jika kampas rem yang sudah menipis dan diabaikan terlalu lama, memiliki dampak merusak piringan cakram sehingga gesekan menjadi tidak rata.

Saat mengecek kampas rem belakang motor matik memang sedikit lebih sulit karena Anda harus membongkar bagian tromol. Ini dikarenakan, rem motor matik tidak diberi penanda.

Jika sudah dibongkar kampas yang sudah menipis sebaiknya diganti, untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal.

Rem belakang yang tidak berkerja maksimal juga bisa diakibatkan kabel rem yang sudah tua. Anda bisa merasakan lewat handle yang terasa keras saat melakukan pengereman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.