Sukses

10 Barang Ini Harus Ada di Dalam Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Saat berkendara, situasi darurat seperti kecelakaan, tersesat, mogok dan lain sebagainya bisa terjadi kapan saja. 

Karena itu, penting untuk selalu membawa barang-barang yang dapat membantu anda ketika situasi ini muncul.

Dilansir dari motorist.my, berikut barang-barang yang perlu anda bawa untuk menghadapi situasi darurat saat berkendara:

1. P3K

Salah satu kebutuhan darurat yang paling dasar adalah obat-obatan. Bawa obat-obatan umum seperti plester, alkohol untuk antiseptik, obat merah dan lain sebagainya. Jangan lupa membawa obat khusus yang sesuai dengan kondisi kesehatan anda.

2. Makanan ringan dan air minum

Dalam kondisi darurat mungkin akan sulit untuk menemukan makanan atau minuman. Selalu siapkan makanan ringan seperti biskuit dan air mineral di dalam mobil sebagai cadangan.

3. Power bank

Alat komunikasi menjadi hal yang sangat penting saat terjadi sesuatu. Untuk mengantisipasi habisnya baterai handphone anda, selalu bawa power bank yang terisi penuh.

4. Ban cadangan

Ban pecah atau bocor dapat segera diatasi apabila anda membawa ban cadangan. Pastikan ban cadangan yang anda bawa berada dalam kondisi prima agar dapat digunakan saat darurat.

5. Tire repair kit

Tire repair kit dapat digunakan untuk solusi sementara ban yang bocor. Satu set tire repair kit biasanya berisi alat pelubang, pengait, lem tambal serta tambal itu sendiri. Meskipun bukan untuk jangka panjang tetapi alat ini cukup membantu anda hingga menemukan bengkel terdekat.

 

2 dari 2 halaman

6. Kabel jumper

Ada baiknya untuk selalu menyediakan kabel jumper. Aki mobil anda bisa saja mengalami masalah yang menyebabkan mobil tidak mau menyala. Dengan bantuan mobil lain, kabel jumper dapat digunakan untuk memberi tegangan pada aki mobil anda.

7. Pisau multiguna

Peralatan multiguna seperti pisau Swiss Army memiliki banyak alat dengan fungsi yang beragam dan dapat digunakan untuk beragam hal seperti memotong, mengencangkan sekrup dan lain sebagainya.

8. Seat belt cutter and window breaker

Dua fungsi ini dapat ditemukan di satu alat. Dalam kondisi darurat alat ini dapat digunakan untuk memotong seat belt yang macet dan memecahkan kaca mobil apabila pintu tidak bisa dibuka.

9. Alat pemadam api

Kebakaran mobil bisa terjadi kapan saja. Untuk mengantisipasinya, sediakan alat pemadam api. Apabila sulit untuk membawa pemadam berukuran besar, tersedia pula yang lebih ringan seperti pemadam berukuran 1 kilogram. 

10. Senter dan baterai cadangan

Kondisi darurat yang terjadi bisa saja membuat anda berada di tempat yang gelap tanpa pencahayaan. Senter dapat digunakan untuk membantu penglihatan anda.

Jangan lupa membawa baterai cadangan agar senter dapat digunakan lebih lama.

Penulis: Khema Aryaputra

Loading
Artikel Selanjutnya
Salah Kaprah Penggunaan Fog Lamp dan Lampu DRL
Artikel Selanjutnya
Lampu Indikator Mesin Mobil Menyala, Cek Speedometer-nya