Sukses

Yamaha MX King Model Baru Adopsi Mesin R15?

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha dikabarkan tengah mempersiapkan model terbaru dari MX King. Menariknya, model anyar ini bakal mengadopsi teknologi VVA (Variable Valve Actuation).

Informasi itu ramai dibicarakan setelah media Vietnam, Motosaigon.vn, mengunggah gambar Yamaha New Exciter 155 VVA. Atau di sini dikenal dengan nama MX King.

Jika benar, langkah itu dilalukan Yamaha guna menjegal Honda Winner X atau lebih dikenal sebagai Honda Supra GTR.

Pasalnya, bebek dari Honda itu, baru meluncur beberapa minggu lalu untuk pasar Vietnam. Dengan kata lain, MX King bakal memiliki generasi baru. Bukan hanya facelift, tapi all-new.

Dilansir dari MotoSaigon, Minggu (28/7), MX King dirumorkan menggunakan mesin 155 cc Variable Valve Actuation (VVA). Mesinnya, kemungkinan sama seperti yang digunakan Yamaha New Vixion R dan R15 V3.

Bisa menyemburkan tenaga puncak hingga 19,3 hp pada 10.000 rpm. Tak ketinggalan gearbox memakai 6-speed. Kalau informasi itu jadi kenyataan, maka power to weight ratio dari MX King bisa lebih bagus.

Dari bayangan saat ini, pastinya dilakukan Yamaha untuk ‘meladeni’ Honda Winner X 150 yang pakai mesin DOHC 6 speed.

Menurut gambar yang beredar, tak hanya ubahan dari sisi mekanis. Moped Yamaha itu memiliki tampang lebih sporty. Dari bocoran gambar, desain headlamp-nya memiliki karakter yang sama dengan desain wajah YZF-R6.

Di balik lampu depannya, terpasang instrumen panel digital baru yang diadopsi dari Aerox. Selain itu, dibekali pula dengan sistem keyless ignition.

Hampir di setiap lekukan bodi mempunyai garis tajam, dari tengah sampai ke belakang. Tengok saja di bagian tebengnya, ada desain semacam sirip hiu, mirip seperti di jajaran mogenya. Dan di bagian lampu remnya, desainnya mirip seperti Yamaha R1 dan R15 V3.

2 dari 2 halaman

Fitur Lainnya

Bebek andalan Yamaha ini, diberitakan menggunakan sistem rem ABS (Anti-lock Braking System). Jelas ada nilai lebih buat si bebek super itu. Peleknya pun lebih sporty dengan dual 5-spoke. Sepasang rodanya masing-masing dikawal rem cakram.

Sebagian kalangan menganggap VVA gunanya untuk menambah tenaga. Padahal intinya bukan itu. VVA bekerja bukan berdasarkan kecepatan motor, tetapi berpatokan pada putaran mesin atau rpm.

Tujuannya, untuk mendapatkan performa yang baik di semua putaran mesin dan bisa bikin konsumsi BBM lebih irit.

Seperti kita ketahui, MX king sekarang memiliki bore x stroke sama persis dengan Vixion non VVA, 57,0 x 58,7 mm. Kompresi juga serupa 10,4:1.

Tapi tenaganya lebih kecil 1 Hp. Jika menggunakan versi VVA dari R15 V3, kemungkinan tenaga naik 4 Hp dan kompresi mesin naik drastis jadi 11,6:1 hingga 12,0:1. Andaikan iya, moped itu seperti baru keluar dari bengkel balap.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia, apakah generasi baru MX-King ini juga bakal dirilis? Biasanya, setelah model baru dikenalkan di Vietnam atau negara Asia Tenggara lain, maka tidak lama bisa juga diluncurkan di Indonesia.

Diprediksi dirilis di Vietnam pada akhir tahun ini. Atau selambat-lambatnya awal tahun 2020. Menarik untuk ditunggu, terlebih kehadirannya di Tanah Air.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Perkembangan Yamaha Bikin Valentino Rossi Mulai Tersenyum
Artikel Selanjutnya
Yamaha Bersiap Main Motor Trail 150 Cc, Ini Buktinya