Sukses

Cara Mudah Merawat Motor Matik Injeksi

Liputan6.com, Jakarta - Menurut prosedur standar pabrikan, merawat motor skutik tidak jauh berbeda dengan jenis sport dan bebek. Meski demikian, dibandingkan jenis motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator, motor matik injeksi sedikit lebih rumit karena sistem suplai bahan bakar diatur komponen elektronika.

Menjadi primadona dan banyak digunakan masyarakat Tanah Air, motor matik dinilai lebih mudah dikendarai dan memiliki performa tak kalah cepat dengan kendaraan roda dua jenis lainnya.

Meski sudah menggunakan sistem injeksi, motor matik nyatanya masih membutuhkan perawatan pemiliknya agar selalu prima.

Berikut cara mudah merawat motor matik seperti dilansir Federal Oil, Jumat 28 Juni 2019.

Mengendarai motor matik injeksi tidak dianjurkan terlalu sering memainkan kecepatan laju motor secara mendadak atau melakukan hentakan. Biasakan untuk menaikan gas secara berlahan, begitu pula ketika menurunkan kecepatan.

2 dari 3 halaman

Aki dan Busi

Perhatikan juga ketersediaan bahan bakar, jangan sampai motor mogok karena hal ini. Sebab, motor akan berisiko macet dan lebih sulit dihidupkan pertama kali setelah mogok.

Periksa kondisi oli, jangan sampai kurang atau melebihi masa pemakaian. Selain oli mesin, tak lupa periksa juga oli transmisi. Jangan sampai seluruh pelumas pada motor limit ataupun kering.

Hal berikutnya ialah memeriksa kondisi aki dan busi karena berkaitan dengan komponen elektronik. Motor matik injeksi memerlukan sumber daya listrik optimal sehingga kedua komponen ini harus selalu terjaga.

Hal penting terakhir ialah melakukan servis rutin di bengkel resmi untuk melaporkan segala keluhan serta mendapatkan perawatan pada bagian bagian v-belt, roller, bearing serta komponen pendukung lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: