Sukses

Menjajal Kemampuan New Suzuki Carry Pick Up di Sulawesi Selatan

Liputan6.com, Makassar - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM kendaraan Suzuki di Indonesia mengajak media nasional untuk menguji New Suzuki Carry Pick Up di Makassar pada 24-25 Juni 2019.

Pengujian dimulai dari kota Makassar dan setiap peserta ditantang untuk mengikuti Fun Rally Challenge dengan jarak tempuh sejauh 60 km. Beragam rute dan tantangan disiapkan untuk merasakan beragam pembaruan dari mobil niaga andalan Suzuki.

Salah satu perubahan terbesar adalah sektor dapur pacu. Mesin kini mengadopsi K15B-C berkapasitas 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 95,6 Tk dengan torsi puncak 135 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 5-percepatan manual.

Ruang kabin kini dapat diisi hingga 3 penumpang. Berkat perubahan penempatan tuas transmisi yang kini berpindah ke dashboard. Salah satu fitur yang cukup menambah rasa peace of mind adalah kehadiran Immobilizer yang mengurangi risiko pencurian mobil.

Fitur lainnya yang menunjang kenyamanan adalah AC dan power steering. Kedua fitur ini cukup penting bagi Anda yang akan menggunakannya sendiri. Tapi, jika mobil hanya digunakan oleh sopir, Anda boleh melupakan kedua fitur tersebut dan memilih varian yang lebih murah.

Sayangnya, Suzuki Carry belum dilengkapi soket 12 volt. Soket tersebut disediakan terpisah sebagai aksesori tambahan. Jadi, siap-siap untuk menyediakan powerbank jika belum menambahkan aksesori tersebut.

Perlu diketahui, Suzuki Carry memiliki 4 varian, yaitu Flat Deck tanpa AC/ Power Steering (Rp135,6 juta), Flat Deck dengan AC/ Power Steering (Rp144,1 juta), Wide Deck tanpa AC/ Power Steering (Rp136,6 juta), dan Wide Deck dengan AC/ Power Steering (Rp145,1 juta). Semua harga berstatus on the road Jakarta.

2 dari 5 halaman

Kemampuan Mesin

Perjalanan dari Makassar menuju Tambang Batu Parangloe didominasi oleh jalan berlika-liku, tanjakan, serta turunan. Mesin K15B-C memberikan respons yang cukup baik saat harus menyusul kendaraan lain atau menghadapi tanjakan curam.

Bantingan yang diberikan oleh jalanan bebatuan di lokasi tambang dapat diredam dengan baik. Tentu tak senyaman kendaraan penumpang, tapi masih dalam batas toleransi yang wajar. Mengingat suspensi Carry dirancang untuk kapasitas beban maksimal 1 ton.

Carry pun masih bisa diajak bermain melewati sungai dengan ketinggian lutut orang dewasa. PT SIS tak mengungkapkan secara spesifik kemampuan water wading Suzuki Carry. Hanya saja, ketinggian knalpot dari permukaan tanah menjadi 44cm, sebelumnya 38 cm.

3 dari 5 halaman

Radius Putar

Kebun teh Malino Highland dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut menjadi finis pengujian Suzuki Carry Pick Up. Tujuan akhir tersebut bisa menggambarkan proses perjalanan dari kota Makassar yang hanya 0-25 meter di atas permukaan laut.

Ya, perjalanan memang didominasi dengan tanjakan curam dipadu tikungan tajam. Tak perlu bersusah payah untuk menanjak, selama bisa memanfaatkan momentum, maka gear di posisi 2 pun bisa diandalkan. Meski tak ada penunjuk putaran mesin, mesin tak terdengar meraung-raung.

Lain halnya jika terpaksa mengantre di tanjakan, mulai di gear 1 dan melajukan mobil secara perlahan menjadi langkah yang tepat. Terlalu memaksakan diri menginjak gas secara dalam akan berakibat roda belakang spin.

Radius putar 4,4 meter akan mempermudah bermanuver atau berputar arah di tempat sempit. Melahap tikungan tajam pun semakin percaya diri dengan radius putar yang bersahabat.

 

4 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

- Mesin Ertiga yang diset ulang untuk pikap

- Kabin muat 3 orang

- Suspensi masih bersahabat

 

Kekurangan

- Soket 12 volt tersedia sebagai aksesori tambahan

- Tidak ada penunjuk rata-rata konsumsi bahan bakar

- Tidak ada penunjuk putaran mesin

5 dari 5 halaman

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
New Carry Pick Up Dongkrak Penjualan Suzuki di Makassar
Artikel Selanjutnya
Dua Model Mobil Penyelamat Suzuki Sepanjang Mei 2019