Sukses

Honda Genio Datang, Posisi Scoopy Tergusur?

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menghadirkan satu model entry level dengan desain klasik, Honda Genio. Padahal, seperti yang diketahui, pasar skuter matik (skutik) 'murah' bergaya 'jadul' sudah ditempati oleh Scoopy yang bahkan cukup diterima dengan baik di pasar otomotif nasional.

Tidak hanya desain yang mirip, Honda Genio juga memiliki banderol yang lebih murah dibanding Scoopy dengan perbedaan harga sekira Rp1,5 jutaan. Lalu, dengan hadirnya Honda Genio ini, apakah bakal memangsa pasar Scoopy?

Dijelaskan Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya, pihaknya tidak melihat adanya kanibalisme atau saling makan antara Honda Genio dan Scoopy. Namun, peluncuran model ini lebih ke arah target konsumen yang bakal disasar pabrikan berlambang sayap mengepak tersebut.

"Seperti diketahui, kue (pasar) entry level itu besar sekali, bisa sampai 2 sampai 3 juta unit setahun. Segmen tersebut, banyak diisi model yang sporty dan kompak, dan kita lihat ada tren baru yang menginginkan model yang lebih fashionabel dengan harga terjangkau," jelas Thomas di sela-sela peluncuran Honda Genio, di Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019).

Lanjut Thomas, namun ada kecenderungan konsumen menginginkan model yang bergaya tapi tidak secara berlebihan. "Lebih ke casual fashionabel lah, dan kita luncurkan Honda Genio ini," tegasnya.

 

2 dari 2 halaman

Target Penjualan

Sementara itu, berbicara target Honda Genio di Indonesia, pihak pabrikan sepeda motor asal Jepang ini melihat ada kebutuhan dengan estimasi 500 ribu setahun.

"Tapi kan kita baru mulai di Agustus, 500 ribu itu setahun tapi bukan tahun ini. kurang lebih 250 ribuan unit tahun ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna. Tipe CBS dipasarkan Rp 17,2 juta (On The Road Jakarta), dengan tersedia dalam lima warna, yaitu Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver.

Sementara itu tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp17,7 juta (On The Road Jakarta), dengan enam pilihan warna, yakni Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial.

Loading
Artikel Selanjutnya
Honda Genio Lebih Murah dari Scoopy, Apa Istimewanya?
Artikel Selanjutnya
Honda Genio, Skutik Baru Berbanderol Rp 17 Jutaan