Sukses

Cara Mudah Buat Mobil Kesayangan Kembali Kinclong Saat Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu moment paling dinanti saat hari Raya Idul Fitri ialah mengunjungi sanak saudara atau melakukan perjalanan ke berbagai tujuan wisata di luar kota. Tahun ini diperkirakan ada sekitar 8,44 juta orang akan melakukan perjalanan mudik, di mana 3,76 juta di antaranya mengendarai mobil pribadi.

Perlu diingat dalam melakukan perjalanan mudik lebaran, bukan hanya kondisi fisik yang perlu diperhatikan, namun juga kendaraan. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan mobil ke bengkel langganan dan tak lupa melakukan perawatan terbaik untuk interior dan eksterior mobil, agar tetap nyaman saat terjebak kemacetan.

Berikut beberapa tips perawatan mobil yang perlu diperhatikan guna menunjang perjalanan jauh ala 3M.

Merawat interior mobil tidak harus dilakukan di salon mobil, tapi juga dilakukan sendiri di rumah. Cara membersihkan interior mobil diawali dengan membersihkan dashboard, lalu mengangkat semua jok di mobil, dilanjutkan dengan membersihkan karpet dan melakukan vakum pada bagian lantai mobil.

Saat membersihkan interior, sebaiknya gunakan konsentrat pembersih mobil yang tepat. Cari yang tidak mengandung asam, sehingga mobil tidak mudah korosif dan aman digunakan untuk membersihkan kotoran noda pada permukaan kulit, vinyl, plastik, karet, dashboard, jok, karpet, mesin, ban, pelek dan seluruh bagian eksterior dan interior.

2 dari 3 halaman

Kaca Mobil

Apabila interior sudah bersih, maka eksterior perlu diperhatikan. Bagian umum yang perlu menjadi perhatian khusus adalah kaca mobil, karena jamur bisa mengurangi pandangan pengemudi. Gunakan shampo cuci mobil dengan formula khusus berbahan dasar air atau waterbased yang ramah lingkungan.

Selain dapat menyingkirkan kotoran serta debu, lapisan cat kendaraan akan tetap terjaga dan tidak menimbulkan bekas noda. Keringkan bodi mobil dengan polyester sehingga tak ada noda dan residu tertinggal.

Kebutuhan perawatan mobil bagi para pemudik juga merupakan bagian yang tidak kalah penting. 

“Menjelang hari raya, masih banyak masyarakat yang memilih melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi. Selain kondisi mobil yang prima, tentu diperlukan perawatan mobil yang tepat pada bagian interior dan eksterior mobil. Dengan perawatan yang baik, mobil akan siap menghadapi segala resiko, mulai dari pergantian cuaca hingga mencegah timbulnya jamur yang dapat mengganggu penglihatan ketika berkendara," kata Ashutosh Shirodkar, Director of Safety and Industrial Business Group, 3M Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Mobil Cepat Kotor

Intensitas hujan dan kemarau yang masih silih berganti sangat mudah membuat mobil cepat kotor dan meninggalkan residu pada cat mobil.

Bagi Anda yang berencana pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi, ada baiknya persiapkan segala sesuatu dengan baik dan selalu utamakan keselamatan berkendara.