Sukses

Motor Listriknya Disebut Mirip Honda Vario, Ini Jawaban Gesits

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bintang di gelaran telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, adalah motor listrik Gesits. Model yang sudah ditunggu lama kemunculannya ini, akhirnya resmi pamer diri dan mulai diniagakan dengan banderol Rp 24,95 juta off the road.

Jika dilihat dari desainnya, motor yang dikembangkan bersama oleh PT Gesit technologies Indo (GTI) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya ini mirip dengan motor konvensional yang sudah beredar di pasaran, Honda Vario.

Dijelaskan Harun Sjech, CEO GTI, desain Gesits sebenarnya tidak mengikuti Honda Vario. Namun, memang saat pengembangan, motor listrik karya anak bangsa ini ingin dibuat menyerupai seperti motor yang sudah ada.

"Agar pergeseran mindset orang, dari motor biasa ke motor listrik tidak terlalu jauh. Oh, desain motor listrik seperti motor biasa ya," jelas Harun saat ditemui di booth Gesits, IIMS 2019, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lanjut Harun, jika konsumen sudah terbiasa dengan motor listrik, ke depannya akan dikembangkan model Gesits yang lain. Bahkan, model yang jauh lebih futuristik.

"Memang strategi kita begini. Karena, model yang digemari di Indonesia saat ini ya seperti ini," pungkasnya.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebagai informasi, Gesits mengadopsi permanent magnet synchronous motor 2kW rated, 5kW peak. Tenaga puncaknya 5kW atau 7,5 Tk pada 3.600 rpm, dan torsi maksimal 30 Nm pada 0-2.125 rpm.

Akselerasi 0-50 km per jam diklaim membutuhkan waktu 5 detik, sedangkan kecepatan puncak mencapai 70 km/jam. Jarak tempuh single battery mencapai 50 kilometer, dan dual battery mencapai 100 kilometer.

Sistem pendinginan Gesits menggunakan pendingin udara. Belt penggeraknya menggunakan gates poly chain GT carbon belt.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sudah Resmi Dijual, Bagaimana Gesits Mengolah Limbah Baterai Bekasnya?
Artikel Selanjutnya
Motor Listrik Gesits Vs Viar Q1, Pilih yang Mana?