Sukses

Yamaha Kembangkan Naked Bike Berteknologi Turbocharger

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi turbocharger atau supercharger sudah umum digunakan pada mobil. Sementara itu, untuk sepeda motor, salah satu yang terkenal adalah Kawasaki Ninja H2 dengan supercharger-nya.

Padahal, Suzuki juga merencanakan Suzuki Recursion, sebuah sportsbike modern retro dengan mesin turbocharger sejak 2013 silam.

Tak mau ketinggalan, mengutip dari Bennetts.co.uk, Yamaha kabarnya juga tengah merancang motor dengan turbocharger. Hanya saja, model yang digunakan bukan sportsbike full-fairing, melainkan naked-bike.

Berdasarkan bocoran rancangannya, turbocharger ini akan disematkan pada Yamaha MT-09. Mesin 3-silinder 847 cc pada motor tersebut nantinya diganti 2-silinder turbocharger. Tentu kubikasinya tak akan jauh dari 900 cc.

Sementara ini Yamaha telah merancang 2 desain peletakan turbocharger. Pertama ialah 2 knalpot turun dari mesin 2 silinder bergabung menjadi 1 pipa dan masuk ke turbocharger.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Desain kedua adalah 2 pipa knalpot ditekuk naik dan menjadi 1 pipa lalu masuk ke turbocharger. Kedua sistem tersebut nampaknya tak memiliki perbedaan di sisi performa.

Diduga rancangan yang ada saat ini dipersiapkan untuk menciptakan ruang bagi berbagai komponen lain, salah satunya adalah catalytic converter. Hal itu tak terlepas dari akan diterapkannya standar emisi baru di Eropa mulai tahun 2020 mendatang.

Memang, sampai saat ini Yamaha masih belum mengonfirmasi terkait waktu peluncuran Yamaha MT-series Turbo. Yang jelas, motor tersebut akan menjadi naked-bike pertama yang menggunakan turbocharger.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Baojun e300 Mewakili Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau
Artikel Selanjutnya
Yamaha Lebih Pede Hadapi MotoGP 2020 Karena Diisi Pembalap Bagus