Sukses

5 Rahasia agar Sepeda Motor Berumur Panjang

Sepeda motor merupakan transportasi andalan bagi yang sebagian besar masyarakat Indonesia. Supaya aktivitas sehari-hari lancar, sepeda motor tentu harus mendapatkan perawatan agar performanya tetap optimal.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor merupakan transportasi andalan bagi yang sebagian besar masyarakat Indonesia. Supaya aktivitas sehari-hari lancar, sepeda motor tentu harus mendapatkan perawatan agar performanya tetap optimal. Berikut tips singkat agar motor selalu dalam kondisi prima:

1. Oli Mesin

Cek kondisi oli mesin atau pelumas setiap pagi sebelum bepergian. Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen di dalam mesin tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebih awet.

"Untuk itu lakukanlah penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ujar Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman.

2. Baterai

Untuk sepeda motor saat ini dimana sudah mangadopsi sistem injeksi, fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya.

"Disarankan untuk tidak menggunakan variasi atau aksesori yang berlebih yang dapat mengganggu fungsi kerja utama dari baterai itu sendiri," imbuh Ade.

3. Ban

Tidak kalah pentingnya adalah tekanan angin ban. Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat, tetapi jika terlalu tinggi akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Servis rutin

Lakukan servis rutin sesuai jadwal perawatan berkala untuk memastikan semua komponennya bekerja dengan optimal. Bagi pengguna sepeda motor Honda dianjurkan melakukan perawatan di bengkel resmi atau AHASS (Astra Honda Authorized Service Station).

5. Suku cadang

Ganti komponen sepeda motor sesuai jadwal servis yang ada seperti saringan udara, busi, oli, komponen pemindah tenaga seperti rantai roda atau drive belt pada motor skutik dan komponen lainnya

"Dengan kita menjaga komponen sepeda motor tetap dalam kondisi optimal, maka kondisi kendaraan dapat dipastikan dalam kondisi prima. Lakukanlah konsultasi dengan mekanik berpengalaman mengenai komponen apa saja yang harus dilakukan penggantian pada sepeda motor," tutupnya.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.