Sukses

Mau Cat Mobil Keseluruhan, Berapa Biayanya?

Lantas berapa biayanya jika ingin mengecat body secara keseluruhan? Bengkel milik Dahlan mematok harga Rp6 juta untuk cat full body. Biaya tersebut sudah meliputi menghilangkan cat lama dan memperbaiki kerusakan body dengan metode ketok dan dempul.

Liputan6.com, Bandung - Jika Anda memiliki mobil kesayangan dan umurnya sudah menyentuh belasan tahun, tentu tampilannya tak akan sesegar saat pertama kali beli. Jika membeli mobil dengan tahun muda bukan pilihan, maka Anda bisa mengecat body mobil secara keseluruhan.

Lantas berapa biayanya jika ingin mengecat body secara keseluruhan? Dahlan, pemilik bengkel cat dan body repair di kawasan Mekarwangi, Bandung, mematok harga Rp6 juta untuk cat full body. Biaya tersebut sudah meliputi menghilangkan cat lama dan memperbaiki kerusakan body dengan metode ketok dan dempul. 

"Untuk pengerjaan full body, waktu yang dibutuhkan mencapai 10 hari. Proses yang lama adalah membersihkan body secara keseluruhan. Setelah itu, cacat pada body kita perbaiki dulu. Setelah itu diberi epoxy, cat dasar pabrik, dan lapisan varnish," ucap Dahlan.

Meskipun mengandalkan matahari untuk proses pengeringan cat, Dahlan mengaku menggunakan cat berjenis oven agar cat bertahan lama. "Kalau cat biasa hanya bertahan 6 bulan, kalau cat oven sampai berumur 3 tahun masih mengilap," sambungnya.

Teknik lain untuk membuat cat awet adalah memperbanyak jumlah varnish yang digunakan. "Misalkan varnish yang digunakan untuk full body adalah 1,5 kg. Maka bisa dibuat menjadi 2 kg, sehingga lapisan varnish lebih tebal," pungkasnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengintip Biaya Perbaikan Mobil Pasca Kecelakaan

Tak ada yang ingin mengalami kecelakaan mobil, baik ringan maupun berat. Namun jika Anda tak sengaja terlibat kecelakaan dan harus memperbaikinya sendiri karena tak mengikuti program asuransi, tentu harus ada sejumlah dana yang disiapkan.

Menurut Dahlan, pemilik bengkel cat dan perbaikan bodi di kawasan Mekarwangi, Bandung, tak sulit untuk menghitung estimasi biaya perbaikan. "Secara umum, bengkel cat membuat estimasi biaya perbaikan dari jumlah panel yang dikerjakan," ungkap Dahlan kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon.

"Misalkan saja bumper depan mobil pecah atau retak, maka itu dihitungnya 1 panel. Konsumen tak perlu membeli bumper baru, karena bumper bisa kita perbaiki. Caranya? Bumper dilepas dari mobil, disolder, lalu dijahit menggunakan kawat, dan akhirnya ditutupi dempul," sambungnya.

Hitungan per panel rupanya cukup sederhana. Yang dihitung satu panel adalah bumper depan dan belakang, pintu, pintu bagasi, dan kap mesin. Jika atap mobil total keseluruhannya adalah 2 panel.

Untuk diketahui, harga yang dipatok per panel adalah Rp500 ribu. Estimasi pengerjaannya paling cepat 1 hari, mobil masuk pagi dan sore sudah bisa diambil. Namun tergantung dari cuaca matahari, karena pengeringannya mengendalkan terik cahaya matahari. Wajar saja, karena bengkel milik Dahlan belum menggunakan oven.

Terkait dengan kecelakaan, biayanya bisa berubah jika lampu depan atau komponen lain yang pecah. "Misalkan lampu depan pecah, maka konsumen harus beli lampu baru. Kita bisa bantu carikan yang murah, biasanya dapat dari copotan asuransi. Untuk harganya tergantung mobilnya, karena saya harus cek stoknya dulu," ungkap pria yang sudah menjalan kan bisnisnya sejak tahun 80-an.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.