Sukses

5 Cara Jitu Agar Ban Berumur Panjang

Ban merupakan satu-satunya komponen pada kendaraan bermotor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, kondisi ban harus dipastikan dalam kondisi baik.

Liputan6.com, Jakarta Ban merupakan satu-satunya komponen pada kendaraan bermotor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, kondisi ban harus dipastikan dalam kondisi baik. 

Tapi, biasanya ban sudah mulai licin setelah satu tahun pemakaian jika setiap hari bercengkerama dengan aspal. Lalu, supaya ban sedikit lebih awet dan tak mudah licin, menurut Corsa Tire, Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Pertama, selalu jaga tekanan angin sesuai dengan ketentuan standar yang tercantum pada ban. Supaya kinerja ban tetap optimal.

Kedua, jangan jorok. Selalu jaga kebersihan ban dengan rajin mencuci ketika sudah mulai tampak kotor. Dengan begitu, karet kompon ban lebih awet dan tidak mudah mengeras sehingga daya cengkeram terhadap permukaan jalan tetap terjaga dengan optimal.

Ketiga, pakailah cairan yang aman dan memenuhi syarat untuk mengkilapkan ban. Jangan sembarangan dan asal memilih cairan pengkilap ban.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Keempat, Hindari kontaminasi yang berlebihan antara permukaan karet ban dengan zat yang mengandung minyak karena akan merusak struktur karet yang mudah mengembang dan memicu kerobekan pada ban.

Kelima, ada peran tukang tambal ban untuk menjaga ban. Sebab, tukang tambal ban yang tak profesional atau handal bisa merusak struktur ban. Apalagi jika menggunakan alat-alat yang tidak tepat.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.