Sukses

Peminat di Luar Negeri Membeludak, Ekspor Honda Vario Melejit 94 Persen

Ekspor Honda Vario melonjak 94 persen, dan dongkrak pengiriman roda dua dari pabrikan berlambang sayap mengepak ini ke berbagai negara.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya diminati di pasar dalam negeri, salah satu model skuter matik (skutik) PT Astra Honda Motor (AHM), Vario juga laris manis di luar negeri. Bahkan, sepanjang 2018, ekspor Honda Vario melonjak 94 persen, dan dongkrak pengiriman roda dua dari pabrikan berlambang sayap mengepak ini ke berbagai negara.

Sepanjang 12 bulan tahun lalu, AHM berhasil mengekspor 60.308 Honda Vario series, baik secara utuh (CBU/Completely Built Up) dan terurai (CKD/Completely Knocked Down).

Sementara pada periode yang sama tahun sebelumnya, Honda hanya mengirim sebanyak 31.008 unit Honda Vario series.

Honda Vario series dan BeAT series menjadi kontributor terbesar untuk ekspor AHM, dengan total mengirim sebanyak 402.102 unit dalam bentuk CBU maupun CKD.

Pencapaian ekspor ini meningkat 48 persen dibandingkan pencapaian ekspor pada tahun sebelumnya. Model skutik memberikan sumbangsih ekspor 193.958 unit, sedangkan ekspor tipe motor bebek tercatat sebanyak 168.927 unit, dan tipe sport 39.217 unit.

Menurut General Manager Overseas Business Division AHM, Kurniawati Slamet, permintaan yang tinggi dari pasar ekspor terhadap sepeda motor Honda buatan Indonesia mencerminkan daya saing produk dan kepercayaan terhadap kualitas produk sepeda motor anak bangsa.

"Salah satunya Honda Vario series, yang tidak hanya disukai di dalam negeri tapi juga di pasar ekspor. Pencapaian 2018 ini akan mendorong kami untuk meningkatkan ekspor di tahun ini dengan modal utama model-model berkualitas," ujar Kurniawati, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (24/1/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain Honda Vario series, AHM juga berhasil memasarkan beberapa model sepeda motor buatan Indonesia lainnya di pasar ekspor, antara lain Honda BeAT series, Supra GTR150, Honda Blade, Honda Sonic 150, Honda CRF, Honda CBR series dan Honda CB150R Streetfire.

Pengiriman ekspor secara CBU tersebar di negara Filipina dan Bangladesh. Sedangkan dalam bentuk CKD sudah dikirim ke negara Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini