Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Mobil Ini Tawarkan Cewek Cantik sebagai Asisten

Liputan6.com, Jakarta - Makin ke sini, semakin banyak mobil yang dibenamkan teknologi canggih. Salah satunya adalah fitur bernama Holographic Intelligent Control System (HICS) yang terdapat pada SUV asal Tiongkok, Bestune T77.

HICS merupakan tampilan dari Intelligent Assistant (IA) yang berfungsi via voice command (perintah suara). Ia bisa diminta untuk mengoperasikan beragam fitur mobil. Pada ponsel, mungkin Anda pernah mendengar fitur Siri (Apple), Google Assistant (Android) atau Cortana (Microsoft).

Pada dasarnya fitur ini serupa fitur-fitur pada ponsel, hanya divisualkan lewat hologram karakter yang diproyeksikan pada layar berbentuk prisma di atas dashboard bagian tengah.

 

Asisten berwujud karakter itu, dapat berkomunikasi verbal secara luwes dengan Anda dan mengerjakan apa yang diperintahkan. Karakter anime hologram ini mampu melakukan 43 kegiatan, mulai dari memutar musik, melakukan panggilan telepon sampai membuka sunroof!

Menariknya lagi, Bestune menyediakan dua pilihan busana alternatif yang dapat dikenakan karakter siswi tadi. Ada setelan dengan padanan warna pink dan kuning atau rok pendek berwarna ungu.

Selain karakter perempuan, fitur holographic assistant ini juga menyediakan dua pilihan karakter lain, seorang anak laki-laki dan robot.

Fitur sistem kendali cerdas holografik yang unik ini, sebenarnya hanya salah satu dari kelengkapan berteknologi tinggi lainnya di dalam kabin Bestune T77. Sistem multimedia digital layar sentuh raksasa di bagian dashboard, layout-nya disambung dengan instrumen panel digital di belakang lingkar kemudi.

SUV ini juga dibekali rem parkir elektrik dan pengaturan AC digital. Desainnya pun terlihat mewah dengan tema dua warna dan ornamen panel kayu yang membentang di dashboard. Ada juga pilihan warna interior lain dengan ornamen panel berwarna silver.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dari luar, desain mobil ini pun cukup atraktif. Tubuhnya dipahat tegas, menguatkan kesan kokoh dan gagah khas SUV. Apalagi dimensinya cukup besar dengan panjang 4.525 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.615 mm.

Jarak sumbu roda sepanjang 2.700 mm sepertinya menjanjikan ruang kabin yang cukup lapang. Kesan modern ditampilkan oleh pencahayaan LED di depan dan belakang. Pilihan eksterior berwarna oranye pun menyulut emosi siapapun yang melihatnya.

Bestune T77 digerakkan oleh jantung mekanis bensin 4-silinder berkapasitas 1,2 liter turbocharged. Tenaga yang dihasilkan 144 PS dengan torsi puncak 204 Nm. Tersedia dua pilihan transmisi, manual 5-speed dan otomatis Dual Clutch Transmission (DCT) 7-speed.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu Bestune? Produsen otomotif ini, subsidiary dari produsen kendaraan komersial asal Cina, First Auto Works (FAW) yang terkenal sebagai pembuat truk di Indonesia.

Bestune, nama baru untuk kendaraan penumpang (passenger car) FAW dan T77 ini menjadi produk pertamanya dan sudah dipasarkan di Cina sejak akhir 2018. Sebelumnya, Bestune beroperasi dengan nama Besturn dan telah memasarkan 6 jenis kendaraan sejak 2006.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Lawan Sepadan Wuling Almaz
Artikel Selanjutnya
5 Bukti Pesatnya Perkembangan Mobil Listrik di Cina