Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

SPBU Ini Sediakan Pengisian Daya untuk Kendaraan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) Tbk meresmikan Green Energy Station (GES) yang merupakan Pilot Project Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di SPBU Pertamina 31.129.02 di jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Peluncuran GES ini juga diresmikan langsung Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. GES, kata Jonan, diharapkan sebagai sarana pengisian daya untuk kendaraan listrik yang akan menjadi kendaraan di masa depan.

"Tolong kalau bisa sebelum nanti bapak pensiun, itu 6.500 SPBU itu yang logo pertamina mau kopo, kodo mau dodo apalah namanya atau komodo juga boleh, semua menggunakan solar PV paling tidak untuk penerangan," jelas Menteri Jonan.

Di masa mendatang, Menteri ESDM mengungkapkan, mobil listrik akan bersaing dengan kendaraan combustion engine. "Mobil listrik akan menjadi masa depan dunia, energi yang lebih ramah lingkungan," ujarnya.

GES menjadi upaya Pertamina menjawab tantangan perkembangan industri energi, sekaligus mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan yang juga tengah digenjot oleh Kementerian ESDM.

Jonan menjelaskan, beralihnya dunia otomotif global dari Internal Combustion Engine (ICE) ke Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Electric Vehicles (EV), diprediksi akan mengakibatkan pengisian baterai kendaran jenis PHEV dan EV akan menjadi substitusi bagi pengisian fuel (bahan bakar minyak/BBM) kendaraan yang saat ini merupakan bisnis Pertamina.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, Pertamina siap menghadapi disruption business dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke arah kendaran listrik.

Pertamina, kata dia, akan menghadirkan fasilitas pengisian listrik untuk kendaraan listrik dalam rangka mengembangan Ekosistem Bisnis Kendaraan Listrik kedepan.

"Kedepan GES diproyeksikan akan menjadi tempat untuk pengisian baterai EV serta tempat untuk swapping baterai yang didedikasikan untuk sepeda motor listrik kecil," kata Nicke.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Konsep utama GES ada tiga, yaitu pertama, Konsep Green yang memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di area SPBU yang dimiliki.

Kedua, Konsep Future yang memiliki EV Charging Station. Ketiga, Konsep Digital yaitu MyPertamina yang menjadikan pembayaran di SPBU cashless serta adanya self-service.

Saat ini pilot project GES telah hadir menjawab tantangan tersebut.

Pantauan Liputan6.com, SPLU ini telah terpasang empat unit charging station dimana dua unit merupakan tipe fast charging yang mampu mengisi penuh baterai kendaraan listrik dalam waktu kurang dari 15 menit dan dua unit merupakan tipe normal charging.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Distribusi Tersendat Bikin BBM Langka di Beberapa SPBU Batam
Artikel Selanjutnya
Kendaraan Listrik Ancam Bisnis SPBU Pertamina