Sukses

Ini Lawan Sepadan Honda CRF250 Rally dari Yamaha

Di pasar global termasuk Indonesia, segmen moto-adventure berkapasitas mesin 250-300 cc tengah diminati.

Liputan6.com, Jakarta - Di pasar global termasuk Indonesia, segmen moto-adventure berkapasitas mesin 250-300 cc tengah diminati. Di Indonesia sudah mulai banyak pemainnya, sebut saja Honda CRF250 Rally, Kawasaki Versys-X, BMW G310GS, Viar Vortex 250, dan terbaru Benelli TRK 251.

Sayangnya, sektor ini sampai sekarang masih belum menarik perhatian PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Memang, pabrikan berlogo garpu tala itu menjual Yamaha WR250R di tanah air dengan status CBU. Namun, produk tersebut lebih cenderung berada di kelas motor trail dan berhadapan dengan Kawasaki KLX 250.

Berbeda dengan YIMM, mengutip dari Automotivebusiness.com.br, belum lama ini Yamaha Brasil merilis versi facelift dari Yamaha XTZ 250 Lander. Penyegaran pada motor pesaing Honda CRF250 Rally ini adalah yang pertama kalinya sejak 12 tahun lalu.

Secara visual, Yamaha XTZ 250 Lander memang masih kental dengan aura motor trail. Tengok saja knalpotnya yang dibuat tinggi dan ground clearance tinggi.

Kenyamanan saat menempuh perjalanan jauh pun tak luput dari perhatian dengan menyematkan jok yang lebih lebar dan empuk serta kapasitas tangki bahan bakar yang diperbesar menjadi 13,6 liter.

 

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Terlahir sebagai dual-sport, Yamaha XTZ 250 Lander dibekali kaki-kaki jenjang yang dihuni oleh suspensi depan upside-down dan monoshock swing-arm di bagian belakang.

Keduanya dipadu dengan ban dual-purpose Metzeler Tourance berukuran 80/90-21 di depan dan belakang 120/80-18.

Pabrikan berlogo garpu tala itu juga menyematkan berbagai fitur baru. Yamaha XTZ 250 Lander kini dibekali sistem pengereman ABS (anti-lock brake system), LED headlight, dan instrumen panel digital.

Hanya saja, motor ini tidak dilengkapi dengan windshield tinggi seperti para rivalnya di kelas motor adventure.

Karena sekadar facelift, Yamaha XTZ 250 Lander tetap mengandalkan jantung penggerak lamanya.

Pesain Honda CRF250 Rally itu mendapatkan asupan tenaga sebesar 20,9 hp dengan torsi maksimum mencapai 20,6 Nm dari mesin 1-silinder SOHC 249,5 cc berpendingin udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.