Sukses

Suzuki Siapkan Naked Bike 250 Cc Baru

Suzuki GSX-R250 yang dikabarkan meluncur pada Intermot 2018 dan EICMA 2018, namun hal tersebut ternyata tak terwujud.

Liputan6.com, New Delhi - Suzuki GSX-R250 yang dikabarkan meluncur pada Intermot 2018 dan EICMA 2018, namun hal tersebut ternyata tak terwujud.

Kini, mengutip dari Drivespark.com, Suzuki Motorcycles India tengah merencanakan akan merilis produk baru berkapasitas 250 cc untuk pasar lokal. Sayangnya, motor ini bukanlah Suzuki GSX-R250.

Menurut sumber yang sama, motor itu adalah sebuah naked-sportbike bernama Suzuki Gixxer 250. Dengan kata lain, produk baru tersebut kemungkinan besar tak akan menggunakan mesin 2-silinder, melainkan hanya 1-silinder.

Kabarnya, desain Suzuki Gixxer 250 tak akan jauh berbeda dengan Suzuki Gixxer 150 yang saat ini beredar untuk pasar India. Meski demikian, naked-bike tersebut akan dibekali beberapa fitur baru, seperti suspensi depan upside-down, dual-disc brake, dan ABS dual-channel.

Sama seperti varian 150 cc, Suzuki Gixxer 250 nantinya diprediksi akan dijual dalam 2 model, yakni naked-sportbike dan sportbike full-fairing. Kabarnya, Suzuki Gixxer 250 saat ini dalam tahap persiapan akhir dan rencananya akan dirilis di India pada pertengahan 2019 mendatang.

Sumber: Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suzuki Siapkan Motor Baru Lagi

Haojue yang merupakan pabrikan motor Suzuki di Cina, diketahui sedang mempersiapkan motor baru. Motor itu disebut-sebut sebagai HJ300.

Melihat tampilannya, HJ300 mengambil basis Suzuki GSX-250R dan diposisikan pada platform yang sama dengan Suzuki GSX-S300 (alias Gixxer 300). Haojue HJ300 akan diluncurkan di pasar Cina, sementara untuk pasar globalnya, dinamai Suzuki GSX-S300 dan GSX-S250.

 

Dilansir dari Rushlane, Suzuki Gixxer 300 menggunakan lampu depan dengan LED Daytime Running Lights, seperti yang terlihat pada gambar patennya. Tak hanya itu, gaya naked bike lebih menonjol dengan penggunaan pelek, garpu depan upside down, tank shrouds dan swing armyang masih model biasa.

Suspensinya monoshock di bagian belakang dengan ban tubeless Pirelli. Sistem pengereman dilengkapi ABS dengan diameter rem cakram belakang 240mm dan cakram depan 266mm.

Motor ini didukung mesin berkapasitas 299cc, parallel twin, 4 katup. Pendongkrak tenaga itu dikawinkan dengan gearbox 6-percepatan. Meski gambarnya sudah bocor duluan, detil output tenaga maupun torsi masih belum diketahui.

Sementara itu, Suzuki Motorcycles India, berencana memasarkan HJ300 atau Suzuki GSX-300R dalam waktu dekat. Mereka telah mengungkapkan rencana untuk meluncurkan motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar di India.

Permintaan untuk sepeda motor berkapasitas 200-400cc memang sedang meningkat di India. Ini bisa membuat Gixxer 300 didatangkan ke India dengan lokalisasi dari Cina. Setelah diluncurkan di India, mungkin akan banyak juga orang yang memilih Duke KTM 390, TVS Apache kembaran BMW G310R, Benelli TNT 300 dan Bajaj Dominar 400, atau motor lain di kelas yang sama. Harganya sendiri berkisar antara Rs 3-3,5 lakh atau setara Rp 63 juta.

Soal pesaingnya, TVS Apache RR310, memang punya spesifikasi yang tidak kalah dengan motor-motor pabrikan Eropa. Saudara tiri dari BMW G310R itu, diproduksi di pabrik yang sama, yakni di India. Kemiripan mereka terlihat dari desain pelek, suspensi upside down warna emas, rangka teralis, lampu sein, ukuran cakram dan lainnya.

Jika HJ300 atau GSX-S300 diproduksi di Cina, berbeda dengan TVS Apache RR 310 di Indonesia, yang dibuat di pabrik perakitan berlokasi di Karawang. Lalu, apakah Suzuki memboyong GSX-S300 terbarunya pada gelaran IMOS 2018 mendatang di Jakarta?

Sepertinya, kalau pun masuk ke Indonesia, kubikasinya juga akan dipangkas menjadi 250cc guna menghindari pajak yang lebih besar. Dan tentunya mengimbangi harga agar tetap kompetitif dengan para pesaingnya.

Sumber: Oto.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.