Sukses

Sebelum Membeli, Intip Kelebihan dan Kekurangan Yamaha R15

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha R15 buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini mampu merayu konsumen Indonesia dengan berbagai keunggulannya.

Bahkan di tahun ini, R15 mendapatkan penyegaran rupa, sehingga semakin menarik minat penggemarnya. Walau begitu, tentu R15 memiliki kekurangan jika dibandingkan pesaingnya, Namun tak adil jika tak bahas juga kelebihannya. Kali ini kami menjabarkan dua aspek ini secara mendalam.

Kekurangan

Harga Yamaha R15 paling tinggi di kelasnya, Rp 35,3 juta (OTR Jakarta). Selisihnya jauh jika dibandingkan pesaingnya, Suzuki GSX-R150 varian Keyless Ignition System (tanpa ABS) yang hanya dibanderol Rp 30,15 juta (OTR Jakarta). Begitu pula dengan Honda CBR150R varian standar tanpa ABS yang harganya Rp 33,8 juta (OTR Jakarta).

Meski bertabur fitur, tapi Yamaha R15 tak memiliki teknologi keyless ignition system. Fungsinya untuk mengaktifkan motor tanpa anak kunci. Pengendara cukup mengantongi kunci berupa remote, kemudian menekan dan memutar knob on/off untuk mengaktifkan tombol starter. Saat ini motor sport kelas 150cc yang sudah memiliki fitur keyless ignition system baru Suzuki GSX-R150.

Fitur keamanan berupa anti-locking brake system (ABS), juga tak dimiliki. Padahal, pesaingnya punya varian ABS, walau memang dibanderol lebih mahal. Fitur ini mungkin belum menjadi kewajiban di Indonesia. Namun bagi motor dengan performa sport seperti R15 tampaknya dibutuhkan. Soalnya pengereman menjadi lebih optimal, serta memberikan pengendalian yang baik ketika mengalami insiden.

Kekurangan lainnya, bobot yang terpaut signifikan dari kompetitor. R15 terbaru punya berat 137 kg. Angka itu lebih berat 2 kg dibanding Honda CBR150R dan 6 kg dari Suzuki GSX-R150. Bobot ini sendiri berpengaruh pada kelincahan ketika diajak bermanuver dan konsumsi bahan bakar.

Lalu posisi joknya paling tinggi mencapai 815 mm. Dibandingkan pesaingnya CBR150R di angka 787 mm dan GSX-R150 yang hanya 785 mm dan. Ini artinya, pengendara yang bertubuh tak terlalu tinggi, berpotensi kesulitan untuk menapakkan kaki ke jalan.

Dari segi tampilan, Yamaha menyediakan pilihan warna R15 dalam empat pilihan: racing yellow, racing red, racing blue, dan Livery MotoGP. Pesaing dari Honda memiliki yang sama banyak: slick black white, victory red black, racing red, dan MotoGP edition. Suzuki GSX-R150 lebih banyak lagi pilihannya: titan black, stronger red, metallic triton blue, brilliant white, dan solid black.

 

2 dari 3 halaman

Kelebihan

Dibalik beberapa kekurangannya, all new R15 juga punya berbagai fitur untuk meningkatkan performa mesin. Salah satunya penggunaan teknologi Variable Valves Actuation (VVA) dalam unit 1-silinder 155cc. Teknologi ini turut menjaga performa mesin tetap stabil dan bekerja maksimal. Lantaran tenaga dan torsinya terkontrol di setiap putaran mesin. Di kelas motor sport, utamanya 150 cc, hanya R15 model yang menggunakan teknologi katup variabel seperti ini. 

Yamaha juga menggunakan teknologi DiASil (die aluminium silicon) Cylinder pada R15. Inovasi berupa penggunaan material aluminium dengan silikon untuk ruang pembakaran. Kemudian disematkan pula forged piston, artinya piston dibuat dengan sistem tempa, seperti piston-piston motor balap. Keduanya memiliki keunggulan menjaga suhu mesin tetap dingin, lebih tahan terhadap aus dan bobotnya ringan.

Kelebihan lainnya, keluaran tenaga jantung mekanis yang paling besar di kelasnya. Adapun daya maksimum all new R15, 19 Tk di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Sedikit lebih besar dari Suzuki GSX-R150 dengan tenaga 18,9 Tk di 10.500 rpm dan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm, namun jauh dari Honda CBR150R yang hanya mengeluarkan daya maksimum 16,8 Tk di 9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 7.000 rpm.

Mesinnya didukung fitur Assist dan slipper clutch. Sebuah teknologi yang memudahkan pengendara mengontrol kopling. Berkat teknologi ini kopling jadi lebih ringan, perpindahan giginya halus, serta akselerasi lebih cepat.

Pada kaki-kaki, khususnya bagian depan Yamaha R15 terbaru sudah pakai upside down (USD). Pemakaiannya meningkatkan penampilan sporty R15. Apalagi warna emas yang dipilih.

Urusan pengendalian, motor sport Yamaha di segmen sport 150cc ini lebih stabil. Hal itu didasari jarak sumbu roda sepanjang 1.325 mm. Ketika dipacu cepat dalam tikungan lebar, R15 bergerak mantap.  

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Daftar Pemenang Modifikasi Yamaha Maxi Series Tahap Pertama
Artikel Selanjutnya
Beli Helm Bell Kini Bisa Sesuai Keinginan